NewsOlahraga

Polri Soal Liga 1 Dimulai 1 November: Hoaks

Ilustrasi, Persiraja Banda Aceh berhasil mengamankan satu poin setelah bermain imbang dengan Bhayangkara Fc dalam laga perdana Liga 1 musim 2020 di Stadion Harapan Bangsa, Sabtu (29/2) malam. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 0-0. (Ist)

POPULARITAS.COM – Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri, Awi Setyono, menegaskan bahwa isu yang menyebut kompetisi Liga 1 2020 bakal digelar 1 November mendatang adalah hoaks.

Awi juga mengatakan sampai saat ini Polri belum berencana untuk mengeluarkan izin keramaian kepada PSSI dan operator PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menggelar lanjutan Liga 1 2020.

Hoax [Liga 1 2020 digelar 1 November]. Belum [mengeluarkan izin keramaian],” kata Awi seperti dilansir laman CNNIndonesia.com, Kamis (22/10/2020).

Sebelumnya dalam beberapa hari terakhir sempat beredar kabar bahwa Liga 1 2020 akan kembali dilanjutkan mulai 1 November mendatang. Hal itu seiring dengan harapan dengan keinginan dari PSSI, LIB serta 18 klub peserta pada saat pertemuan manajer di Yogyakarta Selasa (13/10).

Sementara beberapa waktu lalu Hadian Lukita pernah mengatakan tidak ada alasan menyetop liga.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule pernah memohon kepada pihak pemerintah dan kepolisian untuk memberikan izin digulirkannya kembali Liga 1 mulai 1 November mendatang. Ia juga melaporkan kondisi terkini serta perkembangan Timnas Indonesia U-19 dan kaitannya dengan kompetisi kepada Presiden Joko Widodo secara langsung saat Rapat Terbatas (Ratas), Selasa (20/10).

“Saya laporkan, saya bilang mohon arahan dan petunjuk Pak Presiden,” kata Iwan Bule.

Direktur Utama Liga Indonesia Baru (LIB) Hadian Lukita mengatakan jika Liga 1 2020 tidak bisa dimulai pada 1 November, upaya berikutnya yang dilakukan LIB dan PSSI adalah mencoba di 1 Desember dan seterusnya diikuti dengan mempertimbangkan format kompetisi agar tak molor.

“Pak Ketum [Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan] akan usaha maksimal [supaya izin keramaian bisa diterbitkan pihak kepolisian],” sebut Hadian Lukita beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, kelanjutan Liga 1 musim ini sempat memiliki harapan ketika PT Liga Indonesia Baru mengeluarkan pengumuman pada pertengahan tahun. Dalam pengumuman itu Liga 1 2020 akan dilanjutkan pada 1 Oktober dengan dilakukan secara terpusat di Pulau Jawa.

Akan tetapi tiga hari menjelang kick-off lanjutan, tepatnya pada 28 September, Polri memberikan pernyataan tidak mengizinkan Liga 1 2020 dilanjutkan karena kasus virus corona yang masih tinggi.

Sumber: CNN

Shares: