News

PORA di Pidie hasilkan 11,5 ton sampah per hari

Namun, sambungnya lagi, selama daerah ini menjadi tuan rumah PORA, kapasitas sampah meningkat 11,5 ton, karenanya kapasitas sampah yang diangkut pihaknya menjadi 46,5 ton setiap harinya. Sampah-sampah yang dihasilkan selama pelaksanaan PORA tersebar di sejumlah kecamatan yang merupakan venue cabang olahraga, dan juga pemondokan peserta, dan kontingen dari kabupaten dan kota.
PORA di Pidie hasilkan 11,5 ton sampah per hari
Ilustrasi, personel Dinas Lingkungan Hidup Pidie saat membersihkan dam mengangkut sampah. FOTO : DLHK Pidie

POPULARITAS.COM – Salah satu persoalan yang muncul dalam pelaksanaan event skala daerah, dan nasional, bahkan internasional sekalipun, adalah masalah sampah. Nah, di Pekan Olahraga Aceh (PORA) ke-XIV yang dilangsungkan di Pidie, setiap harinya tak kurang 11,5 ton limbah domestik dihasilkan setiap hari selama perhelatan even empat tahunan itu berlangsung.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kabupaten Pidie, Firman Maulana, dalam keterangannya kepada popularitas.com, Senin (19/12/2022) mengatakan, selama ini, pihaknya melaksanakan pengangkutan sampah di 13 kecamatan di Pidie sebanyak 35 ton perhari. 

Namun, sambungnya lagi, selama daerah ini menjadi tuan rumah PORA, kapasitas sampah meningkat 11,5 ton, karenanya kapasitas sampah yang diangkut pihaknya menjadi 46,5 ton setiap harinya.

Sampah-sampah yang dihasilkan selama pelaksanaan PORA tersebar di sejumlah kecamatan yang merupakan venue cabang olahraga, dan juga pemondokan peserta, dan kontingen dari kabupaten dan kota.

Untuk mengatasi hal tersebut, ujar Firman, pihaknya terpaksa menambah jam kerja para personil dan petuga sampah. Hal itu untuk memastikan kebersihan terjamin selama berlangsungnya even PORA di Pidie.

Selain menambah personil, pihaknya juga mengoptimalkan armada, serta peralatan kebersihan yang dimiliki oleh DLHK. Intinya, pungkas Firman, pihaknya menginginkan para peserta PORA di Pidie, tidak terganggu dengan masalah sampah selama even berlangsung.

 

Editor : Hendro Saky

Shares: