News

Potret gajah dan kambing ikuti upacara HUT ke-78 RI di Bali

Empat ekor gajah Sumatera mengikuti upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Bali Safari, Kabupaten Gianyar, Bali, Kamis (17/8/2023) ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

POPULARITAS.COM – Sebanyak empat gajah Sumatera, kambing serta beberapa satwa lainnya mengikuti upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Bali Safari, Kabupaten Gianyar.

“Kami ingin menunjukkan kehadiran satwa saat upacara HUT Kemerdekaan bahwa manusia hidup harmoni bersama satwa,” kata Kepala Pemasaran Bali Safari, Inneke Ficianirum, dilansir dari laman Antara, Kamis (17/8/2023).

Upacara pengibaran Bendera Merah Putih itu dilaksanakan di halaman depan wahana konservasi dan edukasi satwa tersebut yang dimulai pukul 07.30 WITA.

Di tengah guyuran hujan gerimis, upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI berlangsung khidmat yang diikuti karyawan setempat.

Selain para karyawan, upacara tersebut berlangsung unik, karena diikuti empat gajah, ular jenis piton, iguana, burung beo, burung kakaktua, dan satu ekor kambing.

Untuk menjaga satwa tersebut tenang, mereka juga dijaga para pawangnya, misalnya gajah diberikan makanan berupa pelepah kelapa.

Sedangkan ular piton juga dililitkan di tubuh pawang agar tenang serta kambing diikatkan tali agar tenang meski hujan mengguyur sepanjang pelaksanaan upacara Kemerdekaan RI itu.

Upacara pengibaran Bendera Merah Putih dipimpin oleh manajer operasional Bali Safari Ketut Suardana selaku pembina upacara.

Upacara diadakan sebelum jam operasional objek wisata itu buka mulai pukul 09.00 WITA untuk memastikan kunjungan wisatawan tetap berlangsung.

Bali Safari berdiri di atas lahan seluas sekitar 50 hektare dengan jumlah koleksi satwa sekitar 1.000 ekor dari 100 jenis spesies di endemik Indonesia, Asia dan India.

Untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI, pengelola juga memberikan diskon tiket masuk sebesar 17 persen untuk periode pembelian hingga 20 Agustus 2023, melalui laman objek wisata konservasi itu dan bisa digunakan hingga akhir Oktober 2023.

Pengunjung juga diajak menyemarakkan HUT RI dengan sejumlah permainan khas 17 Agustus, di antaranya lomba makan kerupuk, memasukkan paku ke dalam botol, dan lomba khas HUT RI lainnya.

Adapun tingkat kunjungan di objek wisata itu saat ini sudah mulai hidup kembali setelah terhenti karena pandemi COVID-19.

Per hari, rata-rata kunjungan wisatawan asing dan domestik mencapai 1.000 orang dan saat akhir pekan mencapai 1.200-1.500 orang.

Shares: