News

Prabowo akui Luhut salah satu jenderal terbaik TNI AD

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (kiri) membagikan kenangannya bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat acara perayaan HUT Ke-76 Luhut di Jakarta, Kamis (28/9/2023). ANTARA/HO-Tim Media Prabowo Subianto.

POPULARITAS.COM – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengakui Luhut Binsar Pandjaitan merupakan salah satu jenderal terbaik TNI Angkatan Darat mengingat mereka berdua merupakan pendiri Detasemen Khusus 81 Penanggulangan Teror Kopassus.

“Baru beberapa hari lalu, di sebuah forum internasional, saya katakan waktu dulu di tentara saya mengatakan Jenderal Luhut was one of the best general of Indonesian Army,” kata Menhan RI saat menghadiri Perayaan HUT Ke-76 Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Kamis (28/9/2023), dikutip dari laman Antara.

Dia mengatakan prestasi dan pengabdian Luhut berlanjut sampai saat ini. Luhut mengemban amanah sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dalam Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“Kami sekarang bekerja untuk bangsa dan rakyat. Dan yang ingin saya garis bawahi adalah di saat kritis, (kami) selalu berhubungan. Kami selalu mencari jalan keluar,” kata Prabowo Subianto.

Luhut dan Prabowo, semasa keduanya aktif sebagai anggota Korps Baret Merah (Kopassus) TNI AD bersama-sama menempuh pendidikan antiteror di Grenzschutzgruppe 9 (GSG-9) Jerman. Usai menjalani masa pendidikan itu, Luhut dan Prabowo membentuk Satuan 81/Penanggulangan Teror (Sat 81/Gultor), yaitu salah satu satuan elite di Kopassus TNI AD, yang saat ini menjadi Detasemen 81/Gultor Kopassus.

Luhut merayakan ulang tahunnya yang ke-76 bersama kerabat, sahabat, dan orang-orang dekatnya di Sopo Del Tower, Kuningan, Jakarta, Kamis. Dalam acara itu, Luhut meluncurkan buku biografi perjalanan hidupnya, “Luhut Binsar Pandjaitan Menurut Kita-Kita”.

Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 RI Jusuf Kalla, beberapa menteri, seperti Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, serta sejumlah tokoh dari partai-partai politik turut hadir. Beberapa pemimpin partai yang hadir, salah satunya Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep.

Dalam sela-sela acara, Prabowo sempat mengajak Kaesang ke kediaman pribadinya di Hambalang.

“Kapan ke Hambalang?” tanya Prabowo ke Kaesang.

“Siap Pak,” kata putra Presiden RI Joko Widodo itu kepada Prabowo.

Shares: