News

Presiden China minta Israel dan Palestina akhiri perang

Presiden China minta Israel dan Palestina akhiri perang
Presiden China Xi Jinping

POPULARITAS.COM – Presiden China Xi Jinping minta Israel dan Palestina, untuk segera akhiri perang demi kemanusiaan dan semakin banyaknya korban masyarakat sipil.

Hal tersebut disampaikan Xi Jinping dalam pidatonya pada pertemuan khusus KTT BRICS yang digelar, Selasa (21/11/2023) secara khusus membahas situasi di Gaza.

Dikutip dari laman Antara, Rabu (22/11/2023), Xi menegaskan, pihak-pihak yang bertikai dan berkonflik di Palestina, harus akhiri permusuhan dan menghentikan peperangan di Gaza.

Setiap aksi permusuhan harus dihentikan, semua tawanan harus dilepaskan, serta mencegah menghindari semakin banyaknya korban warga yang tak berdosa, tambahnya.

Pertemuan itu khusus diselenggarakan oleh pemimpin Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan untuk membahas perkembangan situasi di Gaza.

“Mengingat keadaan saat ini, sangat tepat waktu dan penting bagi negara-negara BRICS untuk bertemu dan menyuarakan keadilan dan perdamaian mengenai masalah Palestina-Israel,” kata Xi.

Xi mengatakan China mendukung diadakannya konferensi perdamaian internasional untuk membangun konsensus internasional bagi perdamaian dan berupaya mencapai solusi awal yang komprehensif, adil, dan berkeadilan atas isu Palestina.

“Hak rakyat Palestina atas kenegaraan, hak untuk hidup, dan hak untuk kembali telah lama diabaikan. Ini adalah akar penyebab situasi Palestina-Israel,” kata dia.

“Satu-satunya cara yang tepat untuk memutus siklus konflik Palestina-Israel adalah solusi dua negara. Tidak akan ada perdamaian dan keamanan yang berkelanjutan di Timur Tengah tanpa solusi yang adil terhadap masalah Palestina,” kata pemimpin China itu.

Lebih lanjut, dia mengatakan koridor kemanusiaan ke Gaza harus tetap aman dan tanpa hambatan, dan lebih banyak bantuan kemanusiaan harus diberikan kepada penduduk di Gaza.

“Hukuman kolektif terhadap masyarakat di Gaza dalam bentuk pemindahan paksa atau perampasan air, listrik, dan bahan bakar harus dihentikan,” kata Xi, menegaskan.

Editor : Hendro Saky

Shares: