NewsPolitik

Presiden Joko Widodo terima pengunduran diri Mahfud MD dan segera siapkan pengganti

Presiden Joko Widodo terima pengunduran diri Mahfud MD dan segera siapkan pengganti
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan keterangan pers usai menghadiri Kongres XVI GP Ansor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (2/2/2024). ANTARA/Andi Firdaus

POPULARITAS.COM – Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa, dirinya telah menerima pengunduran diri Menkopolhukam Mahfud MD. saat ini ini, surat keputusan telah disiapkan serta untuk penggantinya akan dilantik beberapa hari kedepan.

Hal tersebut disampaikan Presiden RI Joko Widodo usai hadiri Kongres ke-XVI GP Ansor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (2/2/2024).

“Iya, kemarin sudah bertemu Pak Mahfud dan beliau serahkan surat pengunduran diri. Hari inin, Keputusan Presiden akan diterbitkan,” kata presiden dikutip dari laman Antara.

Jokowi menilai keputusan Mahfud untuk mundur dari jabatan Menko Polhukam adalah hal yang biasa, dan berulang kali menegaskan bahwa dirinya menghormati keputusan tersebut.

Ketika ditanya soal calon pengganti Mahfud, Presiden mengaku butuh waktu beberapa hari ke depan untuk memutuskan.

“Belum. Beri waktu sehari, 2 hari, 3 hari … ‘kan baru kemarin sore surat pengunduran diri diserahkan,” ujar Jokowi.

Mahfud Md. bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (1/2), untuk menyerahkan langsung surat pengunduran dirinya dari jabatan menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Mahfud, yang merupakan calon wakil presiden nomor urut 3, menyatakan ingin mundur guna memberikan contoh kepada pejabat negara lain agar tidak menyalahgunakan jabatan dan fasilitas negara untuk kampanye pemilu.

Ia juga sudah mendiskusikan langkah politiknya itu dengan pasangannya pada Pilpres 2024, Calon Presiden RI Ganjar Pranowo, serta dengan partai pengusung/pendukung dan tim kampanye.

Namun, Mahfud menegaskan bahwa dirinya tak akan pergi meninggalkan kewajiban atau yang disebutnya colong playu sebagai Menko Polhukam hingga terbit keputusan presiden.

“Sampai ada keppres. Sampai ada keppres dong. Kalau belum ada keppres lantas saya pergi, ‘kan colong playu,” kata Mahfud.

Shares: