EkonomiNews

Pemkab Aceh Besar jajaki peluang kerjasama sektor pertanian dengan Vietnam

Pemkab Aceh Besar jajaki peluang kerjasama sektor pertanian dengan Vietnam
Zoom meeting antara Pemkab Aceh Besar dan Pemerintah Vietnam dalam rangka penjajakan kerjasama pilot project smart farming padi, Kamis (1/2/2024). FOTO : MC Aceh Besar

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar jajaki peluang kerjasama sektor pertanian dengan Vietnam. Melalui rencana tersebut, kedua belah pihak nantinya akan membangun pilot project smart farming padi di daerah itu.

Hal tersebut terungkap saat pembicaraan antara Pj Bupati Aceh Besar dan pihak pemerintahan Vietnam yang difasilitas Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Hanoi, Kamis (1/2/2024).

Dalam paparannya, Pj Muhammad Iswanto menyebutkan bahwa, Aceh Besar secara geografis miliki lahan pertanian sangat luas. Beberapa sektor lain yang juga mungkin dikembangkan melalui kerjasama adalah, perkebunan, pariwisata, kelautan dan perikanan.

Karnanya, harapan kami, kerjasama antara Pemkab Aceh Besar dan Vietnam, nantinya dapat tingkatkan sistem ketahanan pangan di daerah ini. Apalagi, negara berjuluk Paman Ho itu punya pengalaman terbaik dalam sistem pertanian padi.

Vietnam adalah saah satu podusen beras terbesar di Asia Tenggara bahkan Benua Asia. Tahun 2023 lalu produksi beras Vietnam mencapai 43 juta ton dan hanya 7,8 juta yang dieksport. Sementara produksi beras seluruh negara Asean mencaai 170 juta ton tahun 2023. 

Harapan kami, jika nantinya kerjasama antara pihaknya dan Vietnam dapat diwujudkan, hal tersebut akan memperkuat keberadaan Aceh Besar dalam rantai pasok komoditas padi dan juga peluang ekspor, tambah Muhammad Iswanto.

“Kami bertekad untuk visi baru kerjasama sektor pertanian yang dapat berubah dengan sangat cepat, sehingga keduanya harus saling melengkapi, saling mendukung, dan memperkuat kerjasama pertanian Aceh Besar-Hanoi,” katanya.

Sementara itu Kepala KBRI Hanoi H.E. Denny Abdi mengatakan, pihaknya hanya sebagai fasilitator.

Walaupun hanya sebagai fasilitator dirinya akan berusaha semaksimal mungkin agar hubungan kerjasama antara Aceh Besar-Hanoi bisa segera terjalin. “Terimakasih Pj Bupati Aceh Besar yang telah menggambarkan dan menjelaskan secara detail profil Aceh Besar kepada kami, namun untuk saat ini mari kita fokus dulu kepada sektor pertanian,” ujarnya.

Denny mengatakan memang Indonesia terkenal dengan keindahan alam yang indah, baik itu tanah, laut dan gunung, begitu juga dengan Aceh Besar tentunya juga mempunyai alam yang begitu indah dan asri. “Namun mari kita fokus pada sektor pertanian terlebih dahulu, jika itu berhasil, baru kita lanjut pada pertenakan, pariwisata, kelautan dan perikanan,” pungkasnya.

Shares: