News

Presiden pekan depan umumkan sosok pengganti Ganjar Pranowo sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah

Presiden pekan depan umumkan sosok pengganti Ganjar Pranowo sebagai Pj Gubernur Jawa Tengah
Presiden Joko Widodo didamping Menhan Prabowo Subiyanto dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, usai mengecek harga komoditas dan menyalurkan paket sembako pada para pedagang pasar Grogolan, Kota Pekalongan, Selasa (29/8/2023). (ANTARA/Kutnadi)

POPULARITAS.COM – Ganjar Pranowo, akan akhiri jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah pada 5 September 2023 mendatang. Sesuai dengan ketentuan dan aturan yang  berlaku, pemerintah akan menunjuk penjabat untuk mengisi kekosongan di provinsi itu hingga digelarnya Pemilihan kepala daerah.

Presiden RI Joko Widodo, saat kunjungan kerja ke Jawa Tengah, Rabu (30/8/2023) mengatakan, keputusan pengganti Ganjar Pranowo akan diputuskan pekan depan.

Kata Presiden RI, saat ini nama-nama pengganti Ganjar Pranowo belum Ia terima. Namun begitu, Ia memastikan pekan depan sudah diumumkan Penjabat Gubernur Jawa Tengah.

“Belum, belum masuk ke meja saya. Ya paling lambat minggu ini mungkin kalau sudah masuk ke meja saya, kita putuskan,” kata Presiden dikutip dari laman Antara.

Presiden mengatakan penentuan Pj Gubernur Jateng pengganti Ganjar akan dilakukan melalui mekanisme Tim Penilai Akhir (TPA). Dia menekankan sampai saat ini dirinya belum mengetahui siapa nama pengganti Ganjar.

“Tapi kalau ditanya siapa, belum tahu,” ujar Presiden.

Untuk diketahui terdapat sebanyak 272 daerah yang masa jabatan kepala/wakil kepala daerahnya berakhir pada 2022 dan 2023. Beberapa diantaranya akan habis masa jabatan September 2023, termasuk Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Untuk mengisi posisi mereka, ditunjuk penjabat kepala daerah sebelum dilakukan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak nasional pada 2024.

Presiden Joko Widodo sendiri pada awal Agustus lalu telah menekankan bahwa proses pemilihan penjabat gubernur berbagai daerah di Indonesia akan berlangsung transparan.

“Apanya yang nggak akuntabel? Apanya yang nggak transparan? ‘Wong’ masukannya dari bawah semua, kan dari daerah,” kata Presiden Joko Widodo di di Gerbang Tol Parungkuda, Sukabumi, Jawa Barat pada Jumat (4/8).

Editor : Hendro Saky

Shares: