News

Rusia serahkan 84 jenazah prajurit Ukraina

Sebuah tank Angkatan Bersenjata Ukraina terlihat saat latihan militer di di Dnipropetrovsk, Ukraina, dalam foto yang disiarkan 8 Februari 2022. (ANTARA/ Press Service of the Ukrainian Armed Forces General Staff/HO via Reuters)

POPULARITAS.COM – Pihak Rusia secara resmi telah menyerahkan 84 jenazah tentara Ukraina kepada otoritas di negara tersebut. Langkah itu merupakan bagian dari kesepakatan untuk serahkan seluruh jasad prajurit yang tewas dalam pertempuran kedua negara.

Penyerahan 84 jenazah itu, dikonfirmasi oleh Komisi Orang Hilang Ukraina, Oleh Kotenko, dilansir dari Anadolu, Selasa (29/8/2023).

“Jenazah para tentara yang mengorbankan jiwa mereka bagi Ukraina sudah diserahkan. Hari ini, jenazah 84 pejuang sudah dikembalikan kepada keluarga mereka,” kata Komisioner Orang Hilang Ukraina Oleh Kotenko melalui aplikasi Telegram.

Kotenko mengatakan bahwa pengiriman jenazah-jenazah tersebut ke tanah air –dari wilayah-wilayah yang dikuasai Rusia– bisa berlangsung atas bantuan berbagai lembaga pemerintah.

Lembaga-lembaga yang dimaksud antara lain adalah Kementerian Reintegrasi, Dinas Keamanan Rusia, dan Dinas Keamanan Pusat Angkatan Bersenjata Ukraina.

“Proses pengembalian jenazah para tentara Ukraina masih berlanjut. Langkah itu dilaksanakan sesuai dengan norma-norma yang diatur Konvensi Jenewa,” kata Kotenko.

Editor : Hendro Saky

Shares: