News

Presiden Singapura beri penghargaan militer kepada Prabowo Subianto

Presiden Singapura beri penghargaan militer kepada Prabowo Subianto
Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam (kanan) berjabat tangan dengan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto (kiri) usai menyerahkan gelar kehormatan di Istana Presiden, Singapura, Selasa (21/11/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.

POPULARITAS.COM – Presiden Singpura Tharman Sanmugaratnam, Selasa (21/11/2023), beri penghargaan militer kepada Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto.

Penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Singpuara adalah, penghargaan militer Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera). Diserahkan langsung oleh presiden negara itu melalui proses upacara yang bertempat di Istana Kepresidenan Singapura.

Pemerintah Singapura menilai bahwa, Prabowo Subianto berkontribusi besar bagi kedua negara dalam perkuat kerjasama pertahanan.

Usai menerima penghargaan, Prabowo Subianto mengatakan bahwa, Singapura merupakan negara yang sangat dekat dengan Indonesia. Hub ungan dan kerjasama kedua negara sudah berlangsung erat dan sangat lama.

“Saya Kira, ini salah satu tanda hubungan Indonesia dan Singapura terus meningkat,” katanya dikutip dari laman Antara.

Dalam upacara pemberian penghargaan, yang didahului oleh prosesi jajar kehormatan, Istana Kepresidenan Singapura menyampaikan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) merupakan pengakuan terhadap kontribusi Prabowo yang dinilai luar biasa. 

Pencapaian penting kerja sama pertahanan dua negara, yaitu RI dan Singapura berhasil menyepakati perjanjian kerja sama pertahanan (DCA) pada Maret 2023. Perjanjian itu diteken oleh Menhan Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen, disaksikan oleh Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong.

“Perjanjian itu merupakan tonggak penting dalam hubungan pertahanan bilateral (RI-Singapura),” kata protokol Istana Kepresidenan Singapura saat upacara penyerahan penghargaan.

Dia melanjutkan Prabowo juga mampu mempererat kerja sama pertahanan dua negara dalam beberapa tahun terakhir, meskipun saat itu dunia menghadapi pandemi COVID-19.

Kemudian, Istana Kepresidenan Singapura juga mengangkat kerja sama erat TNI dan Angkatan Bersenjata Singapura, yang juga tidak lepas dari pengaruh Prabowo sebagai Menteri Pertahanan RI.

“TNI dan Angkatan Bersenjata Singapura melaksanakan latihan-latihan utama seperti Latihan (Bersama) Safkar Indopura, Latihan Gabungan (Bersama) Minex Pandu, Manyar Indopura, Camar Indopura, dan Super Garuda Shield,” demikian disampaikan Istana Kepresidenan Singapura.

Editor : Hendro Saky

Shares: