News

PT SBA raih zero accident award 2022 dari Pemerintah Aceh

Pemerintah Aceh melalui Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk), beri penghargaan zero accident award 2022 untuk PT Solusi Bangun Andalas (PT SBA).
PT SBA raih zero accident award 2022 dari Pemerintah Aceh
Burhansyah Usman, Health & Safety Manager SBA, saat menerima penghargaan Zero Accident Award 2022 (Nihil Kecelakaan Kerja Tahun 2022) dari Pemerintah Provinsi Aceh. Penghargaan itu diserahkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk) Aceh Akmil Husen, saat upacara peringatan hari K3 nasional di halaman dinas kantor itu, Kamis (9/2/2023) di Banda Aceh. FOTO : Humas PT SBA

POPULARITAS.COM – Pemerintah Aceh melalui Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk), beri penghargaan zero accident award 2022 untuk PT Solusi Bangun Andalas (PT SBA).

Penghargaan itu, diserahkan langsung Kepala Dinaskermobduk Aceh, Akmil Husen, pada saat upacara peringatah hari K3 nasional, di kantor instansi itu, Kamis (9/2/2023) di Banda Aceh.

General Manager PT Anwar Bakti, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/2/2023) menuturkan, selain PT SBA, unit kerja pakcing plant (PP) perusahaan itu di Lhokseumawe juga meraih penghargaan serupa dari Pemerintah Aceh.

Penghargaan yang diterima PT SBA itu, sambungnya, atas keberhasilan pihaknya mempertahankan total 4,148,643 jam kerja orang (JK) Tanpa kecelakaan dari periode 1 November 2019 – 31 Oktober 2022.

Dia menerangkan, keselamatan, dan kesehatan kerja (K3), merupakan hal penting, dan prioritas bagi pihaknya dalam menjalankan operasional pabrik, serta bisnis perusahaan. Karenanya, penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Aceh ini, jadi motivasi bagi PT SBA untuk terus secara konsisten menjaga K3 di seluruh lini bisnis, dan pabrik, tambahnya.

Langkah itu juga, dengan zero accident yang jadi fokus perusahaan, hal itu akan menjamin ketersediaan produk, dan juga pemenuhan kebutuhan masyarakat untuk pembangunan di provinsi berjuluk serambi mekkah ini.

Secara rinci, PT Solusi Bangun Andalas Pabrik Lhoknga berhasil mempertahankan 3,310,691 jam kerja orang (JKO) nihil kecelakaan untuk periode 1 November 2019 – 31 Oktober 2022. Sedangkan PP Lhokseumawe berhasil mempertahankan 837,952 jam kerja orang (JKO) nihil kecelakaan untuk periode 1 November 2019 – 31 Oktober 2022. Secara khusus, PP Lhokseumawe telah menerima Penghargaan Nihil Kecelakaan Kerja empat kali berturut-turut sejak tahun 2019. 

Dalam upaya menjaga konsistensi penerapan budaya K3 di wilayah operasionalnya, SBA melaksanakan berbagai program antara lain safety briefing pagi sebelum mulai kerja dan pergantian shift, Safety Gate Meeting dengan seluruh pekerja setiap bulan, program pengembangan kepada petugas K3 perusahaan kontraktor, pelatihan, penugasan, induksi K3, serta sirkulasi berbagai informasi terkait K3 di antara karyawan. 

Memperingati Bulan K3 Nasional 2023, SBA menyelenggarakan beberapa kegiatan mulai dari donor darah, senam jantung sehat, pelatihan K3 industri bagi kalangan mahasiswa Teknik pertambangan dan beberapa kegiatan lainnya. 

 

Editor : Hendro Saky

Shares: