News

Puluhan pesepeda jajal rute 75 km di Banda Aceh dan Aceh Besar

Road Bike Aceh (RBA) kembali mengadakan kegiatan latihan bersama (Latber) pada Minggu (30/1/2022).
Tour De Sabang akan diramaikan 121 pesepeda dari sejumlah provinsi di Indonesia
Ilustrasi, pesepeda melewati salah satu tanjakan di Aceh Besar, Minggu (30/1/2022). | Foto: Disbudpar

POPULARITAS.COM – Road Bike Aceh (RBA) kembali mengadakan kegiatan latihan bersama (Latber) pada Minggu (30/1/2022).

Ini merupakan agenda rutin bulanan dari RBA yang mengambil rute sejauh 75 km dengan start dari Simpang Lima Banda Aceh melewati Krung Raya, Bukit Radar, Lambaro serta nantinya finish kembali di Simpang Lima Banda Aceh

Kegiatan ini merupakan event balap sepeda khusus roadbike yang sifatnya touring dan juga perlombaan (race) berupa Uphill Race dengan rute menanjak dari simpang Ie Seu Um sampai dengan puncak Bukit Radar sejauh 10 km.

Menurut Ketua Road Bike Aceh Zainal Cot Paya, kegiatan Latber pada bulan Januari ini diikuti oleh 81 orang peserta yang berasal dari komunitas Road Bike Aeh (RBA).

Selain itu, ajang ini juga diikti para peserta dari Medan yaitu dari Rebahan 61 Cycling Club, Angkasa Cycling Club, dan Comet Cycling Club.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menjaring atlet-atlet muda berbakat serta sebagai sarana para penghobi sepeda untuk meyalurkan bakat bersepedanya,” kata Zainal.

Dalam kegiatan itu, juara pertama untuk kelas Men Elite diraih oleh Syahdan dari Angkasa Cycling Sumut, juara kedua M Taqim dari Rebahan 61 Sumut, dan juara ketiga Amar dari RBA Pidie.

Sedangkan untuk Kelas Women Open juara pertama diraih oleh Mira Aprilia dari Sabang, juara kedua Cut Fitri dari ISSI Bireuen dan juara ketiga Khayla Arjuna dari ISSI Bireuen. Kepada masing-masing pemenang panitia menyediakan medali dan uang pembinaan.

Selain hadiah berupa uang pembinaan, panitia juga menyediakan doorprise kepada peserta, dan nantinya hasil catatan waktu terbaik akan diakumulasi untuk setiap bulannya untuk nantinya tentukan juara di akhir periode setiap tahunnya.

Turut serta dalam kegiatan ini Kepala BNN Aceh dan juga Rektor Universitas Syiah Kuala yang notabene merupakan Pembina RBA dan juga sebagai penghobi sepeda.

Selain latihan rutin bulanan, RBA juga mengadakan latihan harian yang mengambil rute yang disebut “Dalkot” dengan waktu penyelenggaraan setiap hari Senin sampai Sabtu jam 06.30 WIB dengan titik kumpul di simpang lima.

Shares: