Puluhan warga di Aceh Timur mengungsi akibat banjir

POPULARITAS.COM – Puluhan warga mengungsi akibat bencana banjir yang menerjang Gampong Alue Ie Mirah, Kecamatan Indra Makmur, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur Ashadi mengatakan, ada 95 jiwa dari 23 warga yang mengungsi. Mereka ke meunasah setempat.

“Banjir terjadi akibat hujan deras disertai pada pada Rabu (19/10) pukul 16.30 WIB yang menyebabkan puluhan rumah terendam air. Ketinggian air hingga selutut orang dewasa,” katanya, Kamis (20/10/2022).

Ashadi mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan aparatur desa guna penanganan warga mengungsi. Petugas di lapangan juga masih mendata warga dan rumahnya yang terdampak banjir

Beberapa titik di wilayah tersebut, kata dia, banjir berangsur surut. Namun, potensi banjir susulan tetap ada karena hujan dengan intensitas lebat diprakirakan masih terjadi di wilayah Kabupaten Aceh Timur hingga beberapa hari ke depan.

“Kami menyiagakan petugas di lapangan. Kami mengingatkan masyarakat untuk tetap mewaspadai banjir susulan. Segera menginformasikan jika membutuhkan evakuasi,” kata Ashadi.

Selain banjir, bencana alam akibat cuaca ekstrem juga terjadi di Kabupaten Aceh Timur, tiga unit rumah warga rusak berat akibat tertimpa pohon kelapa yang tumbang.

“Pohon tumbang tersebut menyebabkan enam warga dalam satu rumah terpaksa harus mengungsi. Pohon tersebut tumbang akibat angin kencang disertai hujan lebat yang terjadi pada Rabu (19/10) pukul 17.30 WIB,” katanya..

Ia mengatakan tiga rumah ditimpa pohon tersebut yakni dua rumah di Desa Teupin Breuh, Kecamatan Simpang Ulim, dengan enam jiwa terdampak. Serta di Desa Seunebok Aceh, Kecamatan Darul Aman, tidak ada pengungsi karena kerusakannya sedang.

“Tim BPBD Kabupaten Aceh Timur sudah ke lokasi membantu membersihkan material pohon tumbang serta membantu memperbaiki kerusakan rumah tersebut,” demikian Ashadi. (ant)

Comments
Loading...