KesehatanNews

PW Pemuda Muslimin bina 41 desa di Aceh Barat

PW Pemuda Muslimin bina 41 desa di Aceh Barat
Pelatihan dan pembekalan relawan komunitas di Aceh Barat oleh PW Pemuda Muslimin Aceh, Unicef dan Dinas Kesehatan. FOTO : PW Pemuda Muslimin Aceh

POPULARITAS.COM – Pengurus Wilayah (PW) Pemuda Muslimin Aceh, atas dukungan badan kesehatan dunia UNICEF dan Dinas Kesehatan Aceh Barat, laksanakan pembinaan 41 gampong di daerah tersebut.

Bentuk dukungan pembinaan yang dilakukan terhadap 41 gampong itu adalah dengan memberikan bekal dan pelatihan 205 komunitas terkait dengan pemahaman imunisasi.

PW Pemuda Muslimin Aceh Yulizar Kasma, dalam keterangan tertulisnya diterima popularitas.com, Sabtu (13/5/2023) mengatakan, upaya yang dilakukan pihaknya atas dukungan UNICEF itu, atas dasar pertimbangan masih minimnya cakupan vaksi di Aceh Barat.

Menurut data, sambungnya, pada 2022 capaian imunisasi rutin di Aceh Barat hanya 25,7 persen. Sebab itu, penting meningkatkan kesadaran warga terkait imunisasi. Cara yang dilakukan salah satunya adalah memberikan pelatihan terhadap relawan komunitas kunci di masing-masing gampong.

Kegiatan yang digelar pihaknya dengan melaksanakan training itu, dilangsungkan sejak tanggal 11-15 Mei 2023 di tiga kecamatan di daerah Aceh Barat.

Usai pelatihan ini, nantinya tiap relawan yang sudah dibekali pengetahuan tentang imunisasi, akan mengunjungi rumah-rumah warga untuk memberikan edukasi dan pemahaman tentang pentingnya imunisasi rutin bagi anak-anak mereka.

Kunjungan relawan komunitas ke rumah-rumah warga akan dilangsungkan pada 15 Mei – 5 Juni 2023, sebutnya.

Sementara itu, Health Officer UNICEF Indonesia dr. Dita Ramadonna mengatakan bahwa UNICEF  akan terus bersama dengan Pemerintah dalam upaya perlindungan anak dengan memenuhi cakupan imunisasi.

“ Relawan yang dilatih nantinya akan melakukan kunjungan rumah kerumah untuk membantu sosialisasi imunisasi terutama pada balita“ ucap Dita

Dita juga menambahkan bahwa relawan yang dibekali pengetahuan tentang imunisasi dan rencana kerja ini terdiri dari 41 Keuchik, 41 PKK, 82 Kader dan 59 Bidan Desa.

“ keuchik akan bertanggung jawab dalam kebijakan sebagai pejabat tertinggi di tingkat Gampoeng terkait peningkatan imunisasi ini, kemudian pelaksananya ada Bidan Desa, kader dan PKK di masing – masing Gampong “ tutup Dita

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Barat melalui kabid P2P Azwar mengatakan bahwa pembentukan relawan ini sebagai model dalam upaya peningkatan cakupan imunisasi rutin di Aceh Barat. 

“ Insya Allah, dari 41 Gampong ini akan kita luaskan kebijakanya ke seluruh Kabupaten Aceh Barat, sehingga setiap anak mendapatkan haknya untuk tercegah dari Penyakit yang dapat dicegah dengan Imunisasi (PD3I).

Editor : Hendro Saky

Shares: