News

PWI Aceh Minta Tidak Boleh Diskriminatif untuk Wartawan Lokal Liput Presiden

PWI Aceh Minta Tidak Boleh Diskriminatif untuk Wartawan Lokal Liput Presiden
Ketua PWI Aceh, Tarmilin Usman. (ist)

POPULARITAS.COM – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Aceh, Tamilin Usman menegaskan, apapun alasannya tidak boleh wartawan lokal di Tanah Rencong tidak bisa meliput kedatangan presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Sibanceh, Selasa (25/8/2020).

“Jika wartawan lokal tidak bisa masuk meliput kedatangan presiden besok Selasa 25 Agustus 2020, merupakan sesuatu yang sifatnya diskriminatif,” kata Tarmilin Usman, Senin (24/8/2020) melalui siaran pers.

Kata Tarmilin, apapun alasannya, tidak bisa diterima oleh para jurnalis yang bertugas di Provinsi Aceh, bila tidak diizinkan meliput kedatangan presiden Joko Widodo.

“Ini jelas tidak menghargai tugas jurnalistik, boleh dikatakan ada upaya menghalang halangi tugas wartawan,” ungkapnya.

Jika ada aturan khusus untuk bisa meliput di acara presiden dan masuk jalan Tol Sibanceh, menurut Tarmilin Usman, pihak otoritas harus memberitahu jauh hari sebelumnya.

“Kalau info syaratnya dikasih tau hari ini, tentu kerepotan.
Apalagi dalam kondisi pandemi sekarang ini, jika diminta wartawan sudah harus punya surat sehat, seminggu sebelum datang presiden, tentu ngak bisa dipenuhi,” tegasnya.

Karena itu, Tarmilin Usman berharap kepada pemegang otoritas supaya dapat mencari solusi. “Kita harap wartawan lokal bisa meliput besok. Sehingga tidak ada kesan diskriminasi,” harapnya.[ril]

Shares: