News

Ramai warga Aceh pulang kampung rayakan tradisi meugang iduladha 1445 hijriyah

Ramai warga Aceh pulang kampung rayakan tradisi meugang iduladha 1445 hijriyah

POPULARITAS.COM – Sebanyak 2.993 warga Aceh pulang kampung melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Sabtu (15/6/2024). Hari tersebut jadi puncak kedatangan penumpang jelang idul adha 1445 hijiryah.

Executive General Manager AP II Bandara SIM, Darmadi dalam keterangannya mengatakan, perkiraan ramainya warga Aceh pulang sebelum iduladha, bisa jadi ingin merayakan tradisi meugang ataupun memotong hewan kurban nantinya.

“Jika merujuk data, kedatangan penumpang pada hari Sabtu sangat ramai dan jadi puncak jelang iduladha,” katanya dikutipd ari laman Antara, Minggu (16/6/2024).

Ia menjelaskan menjelang Idul Adha 1445 Hijriah, jumlah penumpang yang datang melalui Bandara SIM lebih banyak dibanding dengan yang berangkat, mengingat di Aceh ada tradisi “meugang” hari pemotongan hewan sebelum lebaran.

Adapun penumpang yang datang melalui Bandara SIM pada Sabtu (15/6) sebanyak 1.604 orang, dan yang berangkat melalui bandara tersebut sebanyak 1.389 orang.

Sedangkan untuk Minggu ini, jumlah penumpang turun menjadi 1.951 penumpang terdiri dari yang datang sebanyak 1.126 orang dan yang berangkat 825 orang.

“Secara umum jumlah kedatangan hingga saat ini lebih banyak dibandingkan dengan yang berangkat,” katanya pula.

Ia menambahkan rata-rata penumpang yang datang dan berangkat melalui Bandara Internasional SIM Blang Bintang rata-rata dua ribuan penumpang.

Adapun maskapai penerbangan domestik di Bandara Internasional SIM Blang Bintang Aceh Besar yakni Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Pelita Air dan Susi Air (perintis).

Kemudian untuk maskapai penerbangan internasional Air Asia, Firefly, Garuda Indonesia dengan rute Kuala Lumpur, Penang, dan Jeddah.

Sedangkan untuk rute domestik terdiri dari Jakarta, Kualanamu, dan untuk perintis Kutacane, Sabang, Simelue, Tapaktuan, Gayo Lues

Shares: