EkonomiNews

Realisasi pembiayaan perbankan di Aceh capai Rp34,2 triliun

Realisasi pembiayaan yang disalurkan berbagai perbankan syariah di Aceh sepanjang 2022 menyentuh angka Rp34,2 triliun. Nilai itu meningkat 9,8 dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp31,1 triliun.
OJK : Hasil uji kepatutan dan kelayakan Dirut Bank Aceh sudah diserahkan ke dewan direksi dan Sekda Aceh
Kepala OJK Provinsi Aceh, Yusri

POPULARITAS.COM – Realisasi pembiayaan yang disalurkan berbagai perbankan syariah di Aceh sepanjang 2022 menyentuh angka Rp34,2 triliun. Nilai itu meningkat 9,8 dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp31,1 triliun.

Hal tersebut disampaikan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Aceh Yusri, dalam keterangan resminya, Selasa (31/2/2023) di Banda Aceh.

“Jika melihat angka realisasi, tahun 2022 jumlahnya lebih besar dibandingkan 2021,” kata Yusri dikutip dari laman ANTARA.

Dengan realisasi itu, tunjukkan bahwa, kinerja industri jasa keuangan syariah di Aceh catatkan pertumbuhan yang mengembirakan, dan ini sangat baik bagi perekonomian daerah, terangnya.

Ia menjelaskan sektor perbankan di Aceh saat ini sudah melakukan aktivitas berdasarkan prinsip syariah tumbuh secara cepat pada tahun 2022 termasuk sektor pembiayaan.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh Lembaga Jasa Keuangan (IJK) yang beroperasi di Aceh karena membukukan kinerja yang positif dan akseleratif di tahun 2022 pasca implementasi Qanun LKS dan pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19,” katanya.

Ia menyebutkan untuk penyaluran pembiayaan di provinsi ujung paling barat Indonesia itu masih didominasi sektor konsumtif yakni sebesar 60 persen.

“Memang kalau kita lihat porsinya lebih besar, namun pada tahun yang sama juga  penyaluran pembiayaan untuk sektor UMKM sebesar 26 persen pada tahun 2022,” katanya.

OJK Provinsi Aceh mengajak seluruh perbankan yang ada di Aceh agar dapat lebih responsif melihat peluang ekonomi dan usaha di Aceh, sehingga upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan membuka lapangan kerja baru akan terwujud.

Editor : Hendro Saky

Shares: