NewsSepakbola

Ribuah warga Brazil hadiri prosesi permakaman Pele

Ribuan warga Brazil hadiri proses permakaman legenda sepakbola dunia Edson Arantes Do Nascimento, alias Pele di Kota Santos negara tersebut.
Ribuah warga Brazil hadiri prosesi permakaman Pele
Pele disemayamkan dalam peti jenazahnya di Stadion Vila Belmiro di Santos, Brasil, pada 2 Januari 2023. FOTO : Xinhua/Rahel Patrasso

POPULARITAS.COM – Ribuan warga Brazil hadiri proses permakaman legenda sepakbola dunia Edson Arantes Do Nascimento, alias Pele di Kota Santos negara tersebut.

Pele sendiri, menghebuskan nafas terakhirnya di usia 82 tahun. Pria yang membawa Brazil juara Piala Dunia itu, meninggal akibat kanker usus yang Ia derita.

Dikutip dari Kantor Berita Xinhua News, Upacara pemakamannya digelar di Stadion Urbano Caldira, kandang tim Santos FC yang pernah diawaki Pele. Di sana, para penggemar bisa memberi penghormatan terakhir mereka. Di antara mereka yang hadir, terlihat Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan CONMEBOL Alejandro Dominguez.

Infantino mengatakan dirinya berencana mengusulkan agar semua federasi sepak bola nasional di seluruh dunia masing-masing menamai satu stadion mereka dengan nama legenda yang pernah tiga kali (1958, 1962 dan 1970) memboyong Piala Dunia FIFA bersama timnas Brasil itu.

“Kami akan meminta semua federasi di seluruh dunia untuk menamai satu stadion dengan nama Pele. Saya rasa kaum muda, generasi masa depan, harus mengetahui dan mengingat siapa Pele dan kebahagiaan yang dibawanya ke dunia,” kata Infantino.

Para penggemar menunggu lebih dari tiga jam untuk melihat peti, dengan antrean di satu titik mengular sekitar dua kilometer.

Prosesi pemakaman akan berlanjut hingga Selasa (3/1), saat Pele akan dikubur di sebuah pemakaman pribadi di Santos, sebuah kota pesisir yang terletak 60 kilometer dari Sao Paulo. Pele dihormati sebagai pemain terhebat di tim kampung halamannya itu. Bersama Santos, dia memenangkan dua trofi Copa Libertadores dan dua Intercontinental Cup.

Pemerintah Brasil berencana mengganti nama pelabuhan Santos, pelabuhan terbesar di Brasil dan Amerika Latin, dengan nama bintang sepak bola itu, kata Gubernur Negara Bagian Sao Paulo Tarcisio de Freitas kepada media saat tiba di upacara pemakaman.

 

Editor  : Hendro Saky

Shares: