News

Ribuan jemaah Iduladha padati Masjid Raya Baiturrahman

Ribuan jemaah Iduladha padati Masjid Raya Baiturrahman
Ribuan jemaah Iduladha padati Masjid Raya Baiturrahman
Masyarakat Aceh melaksanakan shalat Idul Adha 1443 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Minggu (10/7/2022). (ANTARA/Khalis Surry)

POPULARITAS.COM – Ribuan jemaah dari berbagai daerah Aceh memadati Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh untuk melaksanakan salat Iduladha 1443 Hijriah atau 2023 Masehi pada Minggu (10/7/2022) pagi.

“Ini yang pertama saya shalat Iduladha di Masjid Raya Baiturrahman ini, yang menjadi ikon Aceh, masjid kebanggaan orang Aceh,” kata Junida (28) warga asal Kabupaten Aceh Barat Daya.

Pantauan di Masjid Raya Baiturrahman, jemaah mulai berdatangan sejak pukul 06.30 WIB. Mereka mulai mengisi saf-saf paling depan.

Jemaah salat tumpah ruwah mulai dari dalam hingga pelataran masjid yang berpayung elektrik, serupa payung di Masjid Nawabi.

Seperti diketahui bagian dalam masjid kebanggaan rakyat Aceh itu berkapasitas sekitar 9 ribu orang. Secara total kapasitas Masjid Raya Baiturrahman luar dan dalam masjid sekitar 24 ribu orang.

Jemaah tidak menerapkan jaga jarak saat melaksanakan salat, mereka berdiri rapat. Sebagian jemaah juga memakai masker, mengingat masih di tengah pandemi COVID-19.

Sebelum masuk masjid, sejumlah prajurit TNI dan personel Polri juga berjaga-jaga untuk melakukan pengamanan dan mengatur lalu lintas.

Hal senada juga disampaikan Mulyanan (27) warga Nagan Raya, mengaku kali pertama dengan sang istri melaksanakan shalat Iduladha di Masjid Raya Baiturrahman.

Selama ini, kata dia, sejak zaman kuliah dirinya selalu pulang kampung saat lebaran baik Idulfitri maupun Iduladha, namun kini ingin menunaikan salat sunah ini di Masjid Baiturrahman.

“Selama ini saya pulang kampung, ini baru pertama saya lebaran di sini bersama istri. Waktu lajang dulu juga belum pernah lebaran di sini,” katanya.

Dalam salat hari raya haji di masjid kebanggaan masyarakat Aceh itu, Amri Fatmi bertindak sebagai khatib dan yang bertindak sebagai imam Tgk Irfan Aulia.

Sebelumnya, Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, EMK Alidar meminta dalam pelaksanaan salat Iduladha di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, seluruh jemaah agar tetap menerapkan protokol kesehatan dalam upaya mencegah COVID-19.

“Kita tetap mengimbau kepada jemaah agar tetap menggunakan masker dan juga menerapkan protokol kesehatan,” kata Alidar. (ANT)

Shares: