News

Pawai takbir iduladha di Sabang semarak

Pelaksanaan pawai takbir sambul iduladha 1443 H di Kota Sabang berlangsung semarak. Acara tersebut digelar oleh Pemko Sabang. Kemeriahaan gema takbir ramai dan diikuti oleh ribuan warga. Acara serupa sebelumnya tidak pernah digelar kembali sejak Covid-19 dua tahun sebelumnya.
Pawai takbir iduladha di Sabang semarak
Sekda Sabang Drs Zakaria, MM, saat memukul beduk tanda dimulainya pawai takbir akbar sambul iduladha 1443 hijriah di Kota Sabang. FOTO : Humas Pemko Sabang

POPULARITAS.COM – Pelaksanaan pawai takbir sambul iduladha 1443 H di Kota Sabang berlangsung semarak. Acara tersebut digelar oleh Pemko Sabang. Kemeriahaan gema takbir ramai dan diikuti oleh ribuan warga. Acara serupa sebelumnya tidak pernah digelar kembali sejak Covid-19 dua tahun sebelumnya.

Kemerihaan pawai takbir ditambah dengan hadirnya mobil hias yang dirancang dengan berbagai bentuk yang punya Ciri khas dengan semangat idul qurban. Secara resmi kegiatan parade itu dilepas keberangkatannya oleh Sekda Sabang, Zakaria, di Taman Wisata Sabang Fair, Sabtu (9/7/2022) malam.

Dalam sambutannya Sekda mengatakan, pawai akbar yang diselenggarakan oleh Pemko Sabang rutin dilaksanakan sejak 2008, guna semarakkan peringatan idul fitri maupun iduladha, namun, sejak 2020 dan 2021 hal serupa tidak dapat dilangsungkan karena Covid-19.

“Alhamdulillah, tahun ini sudah dapat kembali kita langsungkan,” tukasnya.

Sekda Kota Sabang menambahkan, kegiatan ini akan terus dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur dan dilaksanakan dengan mengagungkan takbir sebagai tanda ketakwaan kepada Allah SWT. Kegiatan ini juga dapat memperkuat tali silaturahmi dan meningkatkan persaudaraan bagi masyarakat Kota Sabang.

Pada Musabaqah Pawai Takbir Idul Adha 1443 H/2022 M se-Kota Sabang ini, dewan juri menilai tajwid, fashahah, suara dan lagu/irama, adab dan keseragaman pakaian, kekompakan peserta/keserasian, serta hiasan/dekorasi dan penerangan lampu kendaraan/mobil. Jika dalam garis besar penilaian terhadap dua kategori yakni takbiran dan dekorasi. 

Pada kategori takbiran, juara satu diraih Grup Likee Masyuba Balohan (30), Nurul Huda (26) ditempat kedua dan Ie Meulee 2 (37) sebagai juara III. Dilanjutkan dengan juara harapan I diraih Ie Meulee 1 (34), Balee Intan Batee Shok (06) harapan II, dan Muhammadan Kuta Barat sebagai harapan III (15).

Sementara pada kategori dekorasi, juara I diraih Babul Iman Kuta Barat (07), juara II Bale Beut Sahaja (29), dan juara III Muhammadan Kuta Barat. Kemudian, juara harapan I diraih Pemuda Cot Dama (38), Balee Intan Batee Shok (06) harapan II, dan juara harapan III diraih Muhajirin Bay Pass (39). (**)

Shares: