News

Ridwan Kamil Terdaftar Sebagai Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19

Jawa Barat Denda Warga Tak Gunakan Masker Rp 100 Ribu
Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Selasa (28-7-2020). ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar

BANDUNG (popularitas.com) – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan pihaknya secara resmi sudah mendaftarkan diri sebagai relawan uji klinis vaksin Sinovac Biotech.

Ridwan Kamil mengatakan pendaftaran sudah dilakukan oleh tim kesehatannya pada tim penguji vaksin beberapa waktu lalu secara online. Menurutnya tanda penerimaan dirinya sebagai relawan pun sudah diterima.

“Bahwa iya mendaftarnya sudah, diterimanya masih belum, menunggu pengumuman dari sisi kesehatan dan lain bahwa saya layak dan siap menjadi relawan,” katanya, Selasa (11/8/2020)

Pihaknya berharap proses pendaftaran dan kepastian dia menjadi relawan lancar. Jika diperbolehkan pihaknya meminta tim menguji sesuai prosedur dan tidak memberikan dirinya keistimewaan.

“Kalau tidak [lolos jadi relawan] saya permaklumkan mungkin ada faktor-faktor kesehatan yang diperhatikan,” ujarnya.

Meski terbuka untuk umum, menurutnya ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi oleh calon relawan antara lain usia relawan dalam rentang 18 hingga 59 tahun, dan dalam keadaan sehat tanpa penyakit bawaan.

Sebanyak 1.020 orang dipastikan sudah terdaftar sebagai relawan uji klinis calon vaksin Covid-19 yang rencanana akan digelar Selasa (11/8/2020) di enam fasilitas kesehatan di Kota Bandung.

Jumlah pendaftar ini masih belum memenuhi target yang ditetapkan tim uji klinis yaitu mencapai 1.620 relawan.

Sumber: Bisnis

Shares: