EkonomiNews

Rogoh kocek Rp23,2 triliun, TikTok ambil alih Tokopedia

Rogoh kocek Rp23,2 triliun, TikTok ambil alih Tokopedia
Fitur baru TikTok Shop "Shopping Center" (ANTARA/HO)

POPULARITAS.COM – TikTok Shop resmi kembali beroperasi di Indonesia. Perusahaan asal China itu, merogoh kocek senilai Rp23,7 triliun atau 1,5 miliar USD untuk membeli e-commerce lokal Tokopedia yang dimiliki PT GOTO Indonesia.

Investasi yang digelontorkan TikTok itu, membuat perusahaan itu miliki saham 75,01 % di Tokopedia dan menjadi pemegang saham pengendali. Sementara GOTO selaku induk Tokopedia hanya tersisa 25% saham.

Melalui kolaborasi TikTok dan Tokopedia itu, maka seluruh aktivitas layanan di e-commerce masih akan berjalan seperti biasanya. Para pengguna masih dapat menggunakan seluruh fitur dan memasarkan produk kepada masyarakat.

Kerja sama antara Tokopedia dan TikTok akan dimulai dengan peluncuran inisiatif #BeliLokal pada Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 12 Desember 2023.  Inisiatif #BeliLokal adalah suatu program yang dirancang untuk mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan UMKM lokal dan mengembangkan ekonomi digital Indonesia. Kampanye ini akan dihadirkan di TikTok dan Tokopedia, dengan fokus pada promosi berbagai produk UMKM lokal asli Indonesia.

Editor : Muhammad Fadhil

Shares: