News

RS Jiwa Pekanbaru pulangkan 33 ODGJ ke kampung, satu di antaranya ke Aceh

Sebanyak 33pasien sembuh dari RS Jiwa Tampan dipulangkan memiliki KTP, juga untuk pasien tanpa identitas yang data kependudukannya sebelumnya diperoleh dari rekam iris mata oleh Disdukcapil Kota Pekanbaru yang selanjutnya dikoordinasikan dengan Dinsos sesuai wilayah pasien. Foto: Humas RS Jiwa Tampan

POPULARITAS.COM – Direktur Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan Pekanbaru, Sri Sadono Mulyanto, mengatakan pihaknya sudah memulangkan sebanyak 33 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) ke kampung halaman mereka dan tinggal kembali bersama keluarga.

“Pemulangan pasien ODGJ tersebut merupakan instruksi Gubernur Riau Edi Natar Nasution. Mereka pulang setelah dinyatakan tenang dan sudah melewati masa rawat, tidak terindikasi rawat inap, serta sudah bisa kembali berkumpul dengan keluarga,” katanya melalui keterangannya, Sabtu (2/12/2023).

Sri Sadono mengatakan pemulangan pasien tersebut tersebar di beberapa provinsi di luar Riau dan satu di kabupaten/kota di Riau, yaitu Sumatra Utara (Sumut) sebanyak 13 pasien, Aceh 1 pasien, Jambi 3 pasien, Bengkulu 1 pasien, Sumatera Barat (Sumbar) 4 pasien, dan Indragiri Hilir (Riau) sebanyak 11 pasien.

Pasien dipulangkan, katanya, setelah berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) setempat, Dinsos Riau, dan Dinas Kesehatan Riau, untuk mengantarkan ODGJ ke kampung halaman.

“Pasien yang dipulangkan tersebut, selain pasien yang memiliki KTP, juga pasien tanpa identitas yang data kependudukan sebelumnya diperoleh dari rekam mata oleh Disdukcapil Kota Pekanbaru yang selanjutnya dikoordinasikan dengan Dinsos sesuai wilayah pasien,” katanya.

Saat ini pihaknya masih terus berkoordinasi dengan berbagai daerah yang merupakan wilayah asal pasien. Ia menyebutkan pengantaran pasien ke keluarga adalah mereka sudah lewat masa rawat sekitar 140 hari lebih.

“Saat pemulangan, pasien juga dibekali obat-obatan untuk satu bulan dan surat kontrol,” katanya.

Shares: