News

RSJ Aceh bebaskan tiga ODGJ yang dipasung keluarga

Dianggap meresahkan, seorang ODGJ di Banda Aceh diamankan
Ilustrasi, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). (Foto: Ayobandung)

POPULARITAS.COM – Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Aceh bekerjasama dengan Pemkab Aceh Selatan, Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Camat Pasie Raja, RSUD Yulidin Away Tapaktuan, Dinas Sosial Aceh Selatan, Babinsa dan Polres Aceh Selatan bebaskan tiga ODGJ warga Aceh Selatan.

Menurut Kadinkes Aceh Selatan, Fakhrijal, sebagian ODGJ yang sudah sembuh klinis setelah diantar ke keluarga akan kembali lagi ke RSJ. Nantinya pihaknya akan fokus mengedukasi keluarga pasien ODGJ yang ada di Kabupaten Aceh Selatan.

“Biasanya ODGJ setelah didropping oleh pihak RSJ Aceh akan kembali lagi ke RSJ Aceh,” ungkap Fakhrijal, Senin (18/12/2023).

Wakil Direktur RSJ Aceh, Sarifah Yessi Hediyati menyampaikan hampir 80 persen ODGJ adalah masyarakat menengah ke bawah, sehingga pada saat pihak RSJ Aceh mengantar (dropping) ODGJ yang sudah sembuh klinis tersebut tidak minum obat dan akan kembali kambuh.

“Masyarakat menengah ke bawah kesulitan saat akan pergi bekerja, sehingga ODGJ tidak terkontrol minum obatnya sehingga ODGJ tersebut akan kambuh kembali. Kemudian sebagian kabupaten/kota membuat program day care, jadi setiap keluarga bekerja ODGJ bisa di titipkan di sana dan pada saat pulang kerja keluarga akan menjemput kembali,” jelas Yessi.

Ketiga pasien tersebut berasal dari dua desa di Kecamatan Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan yang selanjutnya langsung dibawa ke RSJ Aceh untuk diberikan layanan kesehatan jiwa.

Shares: