News

Satu orangutan ditemukan mati usai terseret arus banjir di Gayo Lues

Satu individu Orangutan Sumatera yang ditemukan mati di Gayo Lues, Kamis (22/2024) kemarin. (BBTNGL)

POPULARITAS.COM – Satu Orangutan Sumatera (Pongo abelii) ditemukan mati di Desa Pungke Jaya, Kecamatan Putri Betung, Gayo Lues, Kamis (22/2/2024) kemarin.

Bangkai primata itu ditemukan masih di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Diduga kuat, orangutan ini mati terseret arus banjir.

Kematian satwa dilindungi ini dibenarkan oleh Kasi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III Blangkejeren Balai Besar TNGL, Ali Sadikin, Jumat (23/2/2024).

Ali juga menjelaskan bahwa bangkai orangutan ini pertama kali ditemukan warga yang kemudian dilaporkan ke pihaknya.

“Kita lakukan observasi, orangutan itu sudah mati. Jenis kelaminnya jantan, usianya tergolong remaja masih sekitar satu atau satu setengah tahun,” ujarnya.

Saat ditemukan, bangkai orangutan itu dalam keadaan basah serta membengkak dan mengandung banyak air. Diduga ia mati karena banjir.

Pasalnya, wilayah itu memang dilanda banjir kemarin. Kuat dugaan sarang si orangutan ikut terseret arus hingga menyebabkan orangutan tenggelam.

“Sepertinya sarangnya terbawa arus, apalagi satwa ini kan bukan tergolong yang bisa berenang, sekarang sudah dikubur,” pungkasnya.

Shares: