News

Satu Unit Rumah Warga Punge Blang Cut Dilahap Api Gara-gara Bakar Sampah

Foto: Satu unit rumah terbakar di Gampong Punge Blang Cut Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh, Kamis, 5 Desember 2019 (Ist)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Sebuah rumah berkonstruksi permanen yang berada di Gampong Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh terbakar pada Kamis, 5 Desember 2019.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, Rizha menyebutkan, satu unit rumah yang terbakar itu milik Teuku Sulaiman (60). Saat kejadian, pemilik rumah sedang berada di Lhokseumawe dalam rangka intat linto (antar pengantin pria)

“Kejadiannya sekira pukul 10.30 WIB tadi, rumah tersebut selama ini dihuni dua orang yaitu Sulaiman bersama istrinya Mahriza,” kata Rizha dalam keterangannya, Kamis, 5 Desember 2019.

Dia mengatakan, peristiwa itu diduga bermula dari api yang menjalar dari pembakaran sampah di sekitar lokasi kejadian. Sampah itu dibakar oleh istri Sulaiman, Mahriza.

“Ibu Mahriza sebelum meninggalkan rumah mengakui ada bakar sampah di belakang rumah dan api pembakaran sampah tersebut berdekatan dengan dapur berkonstruksi kayu,” kata Rizha.

Kata Rizha, begitu api menyambar ke rumah tersebut, masyarakat sekitar langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran melalui nomor darurat 0651 – 113. Telepon tersebut diterima petugas pada pukul 10.30 WIB.

“Petugas piket bergerak mengerahkan armada pemadam tiga unit dan tiba di lokasi kejadian pada pukul 10.37 WIB atau tujuh menit setelah menerima pengaduan,” ujar Rizha.

Disebutkan Rizha, api baru berhasil dipadamkan pada pukul 11.00 WIB dan selanjutnya dilakukan upaya pendinginan. Pemadaman juga dibantu warga, polisi dan koramil setempat.

“Setelah kondisi aman terkendali armada kembali ke posnya pukul 11.30 WIB, tidak ada korban jiwa dan penyebab kebakaran disebabkan adanya pembakaran sampah yang tidak diawasi,” katanya.* (C-008)

Shares: