News

SBA Kerjasama Dengan FMIPA Produksi Hand Sanitizer

ist

BANDA ACEH (popularitas.com) – PT Solusi Bangun Andalas bekerjasama dengan FMIPA Jurusan Kimia Unsyiah untuk memproduksi hand sanitizer. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kelangkaan hand sanitizer di pasaran.

General Manager SBA, Durain Parmanoan mengatakan, pihaknya telah menyerahkan bantuan 40 botol hans sanitizer ujuran 500 ml kepada tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kabupaten Aceh Besar.

Kerjasama itu, kata dia karena, untuk memperoleh hand sanitizer sudah sangat sulit untuk mendapatkan. Sementara cairan itu diproduksi oleh mahasiswa jurusan kimia FMIPA Unsyiah yang tergabung dalam tim One Eight.

Setelah Aceh Besar, pihaknya juga akan menyerahkan 40 botol hand sanitizer ukuran 500 ml ini kepada tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Aceh dalam beberapa hari mendatang. Bantuan itu diharapkan dapat bermanfaat untuk membantu.

“Hari kamis yang lalu, 26 Maret 2020, kami juga sudah menyerah terimakan bantuan fasilitas cuci tangan kepada Puskesmas Kecamatan Lhoknga untuk membantu Puskesmas dalam mengedukasi masyarakat untuk rajin mencuci tangan dan menerapkan gaya hidup sehat. Kita semua harus mendukung upaya Pemerintah dalam menangani covid-19 ini,” kata Durain.

Di internal SBA, juga terus melakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran virus covid-19, yaitu dengan memasang bilik sterilisasi disinfektan di Pabrik, lalu tidak menerima kunjungan tamu asing dari manapun untuk membatasi penyebaran virus Corona untuk sementara waktu.

Lalu melakukan pemeriksaan suhu tubuh seluruh karyawan, pekerja kontraktor, tenaga kerja asing (TKA) dan seluruh tamu yang berkunjung ke pabrik. SBA juga sudah membatasi perjalanan dinas karyawan, menunda kegiatan atau rapat yang melibatkan banyak orang, dan memanfaatkan fasilitas daring seperti video conference dan lain-lain.

Selain himbauan dan sosialisasi mengenai pedoman hidup sehat kepada seluruh karyawan dan pekerja, SBA menyediakan fasilitas hand sanitizer dan wastafel lengkap dengan sabun pencuci tangan di lokasi-lokasi yang banyak dikunjungi oleh para pekerja.

“SBA juga sudah membentuk crisis management team covid-19 dan telah melakukan sterilisasi seluruh area kerja di kawasan pabrik. Ini semua merupakan bentuk ikhtiar dan upaya kita bersama dalam menghentikan penyebaran covid-19 di Aceh dan Indonesia,” kata Durain. (RIL)

Shares: