HukumNews

Sekretariat KIP Pidie sewa gudang senilai Rp 600 juta

POPULARITAS.COM – Bangunan tua milik PT Pupuk Sriwijaja (Pusri) di Kabupaten Pidie, kini telah dikontrak oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat untuk kebutuhan Pemilu 2024.

Sewa-menyewa bangunan milik perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berlokasi di pinggir jalan nasional Banda Aceh Medan, tepatnya di depan gudang Bulog di Gampong Dayah Teungeh, Tijue Kecamatan Pidie itu untuk dijadikan gudang atau tempat penyimpanan logistik Pemilu 2024 di kabupaten itu.

Hanya saja, anggaran DIPAnya KIP Pidie yang digelontorkan untuk menyewa gedung milik PT Pusri itu disebut-sebut mencapai Rp 600 juta lebih.

Sekretaris Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Razali saat dikonfirmasi wartawan di kantornya mengakui, besaran anggaran untuk sewa gedung milik PT. Pusri itu mencapai Rp 600 juta lebih.

Jelas Razali, alasan pemilihan bangunan tersebut, karena pihaknya sudah terlebih dahulu meminta sama Pemkab Pidie namun nihil. Selain itu lokasi bangunan PT. Pusri juga sangat Representatif.

“Setelah kita survey gudang tersebut cocok untuk penyimpanan logistik,” kata Razali, Senin (16/10/2023).

Limit waktu sewa-menyewa bangunan dengan anggaran sebesar itu hanya berlaku 24 bulan atau 2 tahun lamanya.

“Harga sewanya Rp 600 juta lebih sedikit, cuma pajak 21 persen,” katanya.

Yang melakukan negosiasi harga sewa menyewa dengan PT Pusri iyalah Sekretariat KIP Pidie sendiri.

“Karena anggarannya di atas Rp 200 juta pengadaannya yang lelangnya orang KIP Aceh, lewat UKPBJ KIP Aceh,” kata dia.

Kata Razali, untuk perbaikan kerusakan-kerusakan bangunan dan suplaiy air serta listrik, CCTV ditanggung oleh vendor yang ditunjuk oleh PT Pusri.

Shares: