News

Seluruh Pejabat di Aceh Barat Wajib Tes Usap

Seluruh Pejabat di Aceh Barat Wajib Tes Usap
Bupati Aceh Barat Ramli MS menjalani proses tes usap (swab test) COVID-19 di Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Jumat (18/9/2020). (Antara Aceh/Syifa Yulinnas)

POPULARITAS.COM – Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS mewajibkan seluruh pejabat pemerintah di daerahnya mengikuti tes usap (swab) setelah dirinya positif terinfeksi virus corona jenis baru (COVID-19).

“Untuk itu, saya minta kepada seluruh kepala dinas, badan dan kantor di Aceh Barat mengikuti tes swab, tidak ada terkecuali,” kata Ramli MS di Meulaboh yang menghubungi ANTARA melalui saluran telepon, Rabu (23/9/2020) dilansir Antara.

Menurutnya, tes usap tersebut sangat penting dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di kalangan aparatur sipil negara (ASN) di Aceh Barat, termasuk di kalangan masyarakat.

Ia juga menjelaskan tes usap ini juga harus dilakukan untuk memastikan ada tidaknya ASN atau pejabat daerah yang ikut terpapar virus mematikan tersebut.

“Jadi kalau nantinya ada pejabat yang terinfeksi COVID-19, bisa dilakukan pencegahan, misalnya seperti melakukan isolasi mandiri atau dilakukan perawatan medis,” katanya, menambahkan.

Meski sedang menjalani isolasi mandiri di pendapa, ia menyatakan tetap terus melakukan pemantauan terhadap perkembangan pandemi COVID-19 di daerahnya, melalui gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) COVID-19 setempat.

Ia juga menyatakan bahwa virus corona memang nyata adanya dan meminta kepada masyarakat di Aceh Barat agar semakin meningkatkan kewaspadaan terhadap virus yang sangat berbahaya ini.

“Jadi, jangan anggap remeh virus corona. Masyarakat harus terus meningkatkan kewaspadaan diri dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah,” katanya.[acl]

Shares: