News

Semen Andalas di tangan seniman mural

Jika berkunjung ke Kuta Alam Roastery Coffee di Banda Aceh, kita akan disuguhkan pemandangan menarik di dinding warung kopi itu. Ya, warna-warni lukisan mural. Terdapat kantong Semen Andalas, dipadu dengan warna kuning, biru, dan putih.
Aulia Mulki Oemar, Direktur Pengembangan Bisnis dan Pemasaran SIG, saat berfoto dengan latar belakang mural Semen Andalas di Kuta Alam Roastery, Rabu (10/8/2022). FOTO : PT SBA

POPULARITAS.COM – Jika berkunjung ke Kuta Alam Roastery Coffee di Banda Aceh, kita akan disuguhkan pemandangan menarik di dinding warung kopi itu. Ya, warna-warni lukisan mural. Terdapat kantong Semen Andalas, dipadu dengan warna kuning, biru, dan putih.

Bagian gambar lainnya, seorang pria menggunakan helm pengaman , dan seragam sedang bersalaman dengan warga berpeci dan bersaung. Kesemua cerita pada lukisan mural itu menerangkan tentang keberadaan Semen Andalas.

Mural itu digambar oleh Komunitas Mural Aceh AKAR IMAJI. Organisasi pecinta seni itu, digawangi oleh Arnis Muhammad yang juga merupakan seorang mural Artist lokal di daerah berjuluk serambi mekkah itu.

Direktur Pengembangan Bisnis, dan Pemasaran Semen Indonesia Grup (SIG), Aulia Mulki Oemar, Rabu (10/8/2022), menyempatkan diri menikmati sajian kopi Gayo terbaik di Kuta Alam Roastery Coffee. Bahkan Ia sempat berfoto dengan latar belakang mural karya Komunitas Mural Akar Imaji itu.

Aulia Mulki Oemar, dalam penjelasannya mengatakan, karya seni mural yang didukung pihaknya di sejumlah warung kopi di Aceh, adalah bentuk pendekatan baru, yaitu konsep ingin memadukan tradisi minum kopi di daerah ini, dengan lukisan mural yang gambarkan elemen bidaya asli masyarakat di sini.

Lebih lanjut Aulia mengatakan bahwa kolaborasi ini juga merupakan dukungan Semen Andalas terhadap kreativitas anak muda Aceh, melalui seni mural yang mewakili elemen-elemen budaya lokal setempat, seperti adanya elemen warisan budaya Aceh yaitu pintoe aceh dan bungong jeumpa.

Ada juga bangunan-bangunan yang menjadi ikon di Aceh seperti rumoh aceh, mesjid raya Baiturrahman, tugu simpang lima, PLTD Apung yang tujuannya untuk membantu mempromosikannya di kedai-kedai kopi yang juga merupakan bagian dari kekayaan bumi Tanah Rencong. 

Di Banda Aceh, selain di Kuta Alam Roastery Coffee, lukisan serupa juga dapat dijumpai di Solong Coffee Premium di Beurawe, dan Coffe Bay di Ulee Lheue. Jadi, masyarakat dapat melihat langsung karya seni mural yang mengusung tema, Andals, Kuatnya Melindungi, di tiga warung kopi itu, tutup Aulia.

 

Editor : Hendro Saky

Shares: