HeadlineInsfrastruktur

Sempat dicoret dari daftar PSN, ruas tol Sigli-Lhokseumawe-Langsa kembali dilanjutkan

Sempat dicoret dari daftar PSN, ruas tol Sigli-Lhokseumawe-Langsa kembali dilanjutkan
Petugas memantau kondisi di depan gerbang tol Sigli - Banda Aceh (Sibanceh) seksi II Jantho-Seulimum di Aceh Besar, Aceh, Selasa (19/4/2022). (ANTARA FOTO / Irwansyah Putra/nym)

POPULARITAS.COM – Pemerintah RI pada 2023 silam, menerbitkan Peraturan Menko Perekonomian yang mencoret 12 proyek strategis nasional (PSN), salah satunya adalah, pembangunan ruas jalan tol Sigli-Lhokseumawe dan Langsa-Lhokseumawe.

Namun, pada 25 Maret 2024, Pemerintah kembali menerbitkan Peraturan Presiden RI Nomor 42 tahun 2024 tentang perubahan ketigas atas Perpres Nomor 100 tahun 2014, salah satu klausul dari aturan tersebut, adalah memasukkan kembali dua ruas jalan tol yang sempat dicoret dari PSN, yakni, ruas tol Sigli-Lhokseumawe dan Langsa-Lhokseumawe.

Lewat peraturan yang ditandatangani Presiden RI Joko Widodo tersebut, PT Hutama Karya mendapatkan penugasan untuk merampungkan dua ruas jalan tol tersebut sebagai bagian dari pembangunan 24 ruas jalan tol Trans Sumatera.

Melalui Aturan itu, ruas jalan tol Sigli-Lhokseumawe dan Langsa-Lhokseumawe akan masuk dalam program tahap III untuk segera dirampungkan.

Program tahap III sendiri, akan dikerjakan berdasarkan hasil evaluasi dari Kementrian PUPR dan mendapatkan pertimbangan dan persetujuan dari Menteri Keuangan RI.

Sempat dicoret dari daftar PSN, ruas tol Sigli-Lhokseumawe-Langsa kembali dilanjutkan
Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah

Menangapi keputusan tersebut, Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah menyatakan dukungannya atas pengusahaan ruas jalan tol tahap III tersebut. “Alhamdulillah, ini kabar baik, Pemerintah Aceh akan mendukung sepenuhnya,” katanya.

Pemerintah Aceh sangat berterimakasih atas lahirnya keputusan tersebut. Jika nantinya tahap III dilanjutkan, maka tol Aceh ke SUmatera Utara akan tersambung. Hal tersebut memberikan harapan baru bagi masyarakat di daerah ini, tambahnya.

Bustami meyakini, keberlanjutan pembangunan Tol di Aceh akan memacu perkembangan kawasan dari berbagai sektor seperti sektor ekonomi, perdagangan, industri, wisata dan juga lainnya. Bagi pengguna jalan tol tentu akan memberikan nilai tambah bagi setiap penggunanya dalam memilih moda angkutan yang akan digunakan.

Untuk diketahui bersama, saat ini pembangunan Jalan Tol Sibanceh menyisakan 1 seksi (Padang Tiji – Seulimum) yang proses pembangunannya masih terus dipacu dan ditargetkan beroperasi sebelum pelaksanaan PON XXI/2024 berlangsung.

“Dengan adanya pengusahaan tahap III ruas jalan tol Lhokseumawe – Sigli  dan Langsa – Lhokseumawe yang bagian dari Jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), memberikan harapan bagi Aceh dalam meningkatkan stimulus bagi pertumbuhan ekonomi,” kata Gubernur.

Shares: