News

Sepanjang 2023, Kejari Bireuen pulihkan keuangan negara hingga Rp 21 miliar

Konferensi pers pencapaian Kejari Bireuen sepanjang tahun 2023 di Bireuen, Kamis (4/1/2023). Foto: Kejari Bireuen

POPULARITAS.COM – Sepanjang tahun 2023, Kejaksaan Negeri (Kejari) Bireuen telah memulihkan keuangan negara yang mencapai Rp 21,4 miliar lebih.

Jumlah ini terdiri dari penyelamatan keuangan negara atas sejumlah kasus korupsi menonjol yang ditangani, serta yang lainnya.

“Seperti pada kasus PNPM Mandiri Gandapura, kita menyelamatkan keuangan negara hingga Rp 746 juta,” ujar Kajari Bireuen, Munawal Hadi kepada popularitas.com, Kamis (4/1/2024).

Selain itu, total Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang telah didapatkan Kejari Bireuen sepanjang tahun 2023 mencapai hingga Rp 13,1 miliar lebih.

“Salah satu contoh pemasukan ini dari hasil lelang barang rampasan senilai Rp 12 miliar lebih,” kata Munawal.

Kejari Bireuen juga telah melaksanakan sejumlah program selama tahun 2023, seperti program Jaksa Masuk Sekolah, pembentukan Desa Siaga Antikorupsi hingga pengamanan pembangunan strategis.

“Alhamdulillah, Kejari Bireuen juga mendapatkan peringkat kedua terbaik se- Aceh dalam penyerapan anggaran melalui aplikasi SMART Kemenkeu dan menerima penghargaan dari Kejati Aceh pada Desember 2023 lalu,” ungkapnya.

“Dalam penyelesaian perkara melalui Restorative Justice kita juga mendapat peringkat pertama terbaik se-Aceh, semoga kinerja Kejari Bireuen ke depan semakin baik,” tambahnya.

Shares: