NewsSepakbola

Sinyal kebangkitan Pesut Etam usai tekuk Madura 1-0

Sinyal kebangkitan Pesut Etam usai tekuk Madura 1-0
Pemain Barito FC di Liga 1 2023. Foto: LIB

POPULARITAS.COM – Sentuhan Pieter Huistra mulai menampakkan hasil pada lanjutan BRI Liga 1 2022/2023. Itu terbukti ketika Borneo FC Samarinda berhasil mencuri poin penuh di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan, markas Madura United FC, kemarin sore. Laga tersebut berakhir dengan skor 1-0.

Satu-satunya gol yang tercipta pada laga tersebut lahir dari sepakan keras Adam Alis dari luar kota penalti pada menit ke-24. Meski berstatus tamu, Pesut Etam mampu tampil menekan. Menciptakan lebih banyak peluang. Dari delapan tembakan, tiga di antaranya mengarah ke gawang Madura United. Sementara tuan rumah, dari lima tembakan, tak satu pun mengarah ke gawang.

Hasil tersebut tentu saja membuat girang pelatih Borneo FC, Pieter Huistra. Baginya, meraih poin penuh di kandang lawan adalah sinyal bahwa timnya sudah bangkit dari kekalahan terakhir.

“Kami bermain dengan penuh perjuangan dan begitu bagus. Kami mendapatkan skor dengan gol yang bagus, dan laga berakhir juga dengan bagus,” jelas pelatih berpaspor Belanda tersebut, dikutip dari situs Liga 1, Sabtu (4/3/2023).

Pun ada yang harus dievaluasi, menurutnya, sektor pertahanan masih harus jadi sorotan. Lantaran, dalam beberapa kesempatan, Julio Cesar dkk kerap kecolongan dengan skema serangan balik yang dibangun Lulinha dkk.

“Lini belakang masih harus dikembangkan. Tapi, saya senang pemain terutama karena mereka bekerja keras dan mereka pantas untuk bisa menang di sini,” pungkas mantan direktur teknik Timnas Indonesia tersebut.

Capaian itu juga disyukuri oleh sang pencetak gol, Adam Alis. Kemenangan itu menjadi pelipur lara atas kekalahan perdana timnya di kandang pada pertandingan sebelumnya. “Mudah-mudahan ke depannya kita bisa terus mendapat poin tentunya,” jelas eks pemain Arema FC ini.

Hasil tersebut sukses membuat Borneo FC Samarinda bertukar tempat dengan Madura United. Kini Pesut Etam di peringkat kelima dengan torehan 44 poin. Sementara Madura United satu setrip di bawahnya, masih dengan koleksi 42 poin.

Bila Borneo FC bisa konsisten, mereka berpeluang kembali merangkak ke atas. Terlebih, pesaing terdekat, Bali United, baru saja dikalahkan Persikabo 1973 dengan skor 1-2, kemarin. Itu membuat selisih poin Bali United dan Borneo FC hanya terpaut dua angka (46-44). Terdekat, Borneo FC akan menjamu Persija Jakarta di Stadion Segiri, Samarinda, Rabu (8/3) mendatang.

Shares: