News

Siswa di Banda Aceh galang dana untuk Semeru

Osis SMA Negeri 11 Banda Aceh mengambil sikap untuk mengisi kekosongan kegiatan dengan melakukan penggalangan dana bantuan untuk korban letusan gunung Semeru.
Osis SMA Negeri 11 Banda Aceh melakukan penggalangan dana bantuan untuk korban letusan gunung Semeru, Minggu (19/12/2021). (Ist)

POPULARITAS.COM – Pemerintah telah mengeluarkan aturan pembatasan libur panjang menjelang natal dan tahun baru (Nataru). Larangan libur panjang tersebut diatur demi menekan persebaran Covid-19.

Aturan tersebut dikeluarkan melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Imendagri mengimbau agar sekolah tidak meliburkan siswa selama periode dimaksud, 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Hal tersebut mengakibatkan banyak sekolah yang tidak sempat melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler bagi siswanya.

Menyikapi kebijakan tersebut, Osis SMA Negeri 11 Banda Aceh mengambil sikap untuk mengisi kekosongan kegiatan dengan melakukan penggalangan dana bantuan untuk korban letusan gunung Semeru.

Sebanyak 40 anggota Osis aktif melakukan aksi kemanusiaan tersebut pada beberapa titik di Kota Banda Aceh, seperti lapangan Blang Padang, lokasi wisata Ulee Lheue, dan simpang lampu merah AMD.

Kegiatan ini berlangsung sejak 18 hingga 19 Desember 2021 dan turut diawasi langsung oleh guru sekolah dimaksud.

Aswanita Usman selaku pembina Osis yang meninjau langsung kegiatan penggalangan dana mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan memupuk rasa kepedulian anak-anak pada sesama.

“Kegiatan ini terlaksana murni atas inisiatif anak-anak di sekolah. Kami para guru hanya mengawasi jalannya kegiatan. Kami mendukung kegiatan tersebut sebagai bentuk menumbuhkan kepedulian anak-anak terhadap sesama,” kata Aswanita dalam keterangannya, Minggu (19/12/2021).

Kepala SMA Negeri 11 Banda Aceh, Nuriati menyebut, pihaknya selalu mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan oleh peserta didik.

Menurutnya, kegiatan penggalangan dana ini harus mendapatkan pengawalan ketat dari para guru.

“Kami harus mendukung kegiatan positif anak-anak dan mengawasinya di lapangan. Tidak melihat pada seberapa besar dana bantuan yang berhasil dikumpulkan nantinya, namun nilai kepedulian ini yang sangat penting tumbuh dalam diri generasi-generasi bangsa untuk membangun Indonesia dengan cara bergotong-royong,” katanya.

Dana yang dikumpul oleh Osis SMA Negeri 11 Banda Aceh nantinya akan disalurkan melalui rekening posko korban bencana letusan gunung Semeru.

Shares: