News

SMAN 1 Seulimeum Gelar Pesona SMANSEL dan Bazar Projek P5

SMAN 1 Seulimeum Gelar Pesona SMANSEL dan Bazar Projek P5
Pembukaan Pesona SMANSEL dan Bazar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Negeri 1 Seulimeum, Aceh Besar, Selasa (28/2/2023). Foto: Dok. SMAN Seulimeum

POPULARITAS.COM – SMA Negeri 1 Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar menggelar kegiatan Pesona SMANSEL dan Bazar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di sekolah setempat. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari, 28 Februari-3 Maret 2023.

Kegiatan yang digelar rutin setiap tahun tersebut dalam rangka promosi sekolah, sekaligus ajang untuk menunjukkan bakat dan kemampuan peserta didik dalam berbagai bidang, seperti olahraga, seni, dan pengetahuan umum.

Pembukaan sesi I ditandai dengan pemukulan rapai bersama di sekolah setempat, Selasa (28/2/2023). Setelah itu dilanjutkan pembukaan sesi kedua, yang bertempat di stand Bazar Projek P5, dengan pemotongan pita dan dilanjutkan peusijeuk.

Sesi kedua ini juga dilanjutkan dengan penyambutan rombongan tamu yang dirangkai dengan kegiatan seumapa. Tradisi lisan masyarakat Aceh dalam bentuk pantun tersebut disajikan oleh peserta didik kelas X-IPAS 1 sebagai implementasi tema projek kearifan lokal.

Pesona SMANSEL dan Bazar P5 merupakan gabungan aneka lomba dan bazar projek P5 sebagai implementasi kurikulum merdeka di SMAN 1 Seulimeum. Adapun tema yang diangkat; Aktualisasi Diri Melalui Berpikir Kritis dan Kreatif Demi Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang Berwawasan Lingkungan dan Berbudaya.

Pesona SMANSEL 2023 akan menjadi momen yang dinantikan oleh seluruh peserta didik SMA Negeri 1 Seulimuem dan sekolah sekitar, baik jenjang SMP/MTs/SMPLB. Ini dibuktikan dengan keterlibatan 10 perwakilan sekolah dan total peserta 145 orang.

Dalam kegiatan ini, akan diadakan berbagai jenis lomba seperti futsal, MTQ, pidato, vokal solo, baca puisi, cerdas cermat, dan bazar P5 Kurikulum Merdeka. Lomba-lomba ini ditujukan untuk peserta didik pada jenjang SMP/MTs/SMPLB di Kabupaten Aceh Besar.

Selain lomba, Pesona SMANSEL 2023 juga akan diisi dengan berbagai acara seperti pentas seni, aksi seumapa, pameran karya hasil projek P5 Peserta didik sebagai implementasi kurikulum merdeka yang dilaksanakan untuk dua tema, yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan dan Kearifan Lokal. Acara-acara tersebut diharapkan dapat memperkaya pengalaman peserta didik dan memberikan wawasan baru bagi mereka.

Kepala SMA Negeri 1 Seulimeum, Amran, menyatakan bahwa Pesona SMANSEL dan Bazar Projek P5 Tahun 2023 merupakan salah satu kegiatan yang diadakan untuk mendukung mewadahi kreativitas peserta didik.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, peserta didik SMAN 1 Seulimeum dapat menunjukkan potensi terbaik mereka dan menjadi lebih bersemangat dalam belajar,” ujarnya.

Pesona SMANSEL dan Bazar Projek P5 tahun 2023 juga diharapkan dapat mempererat silaturahmi antara siswa-siswi dari berbagai sekolah jenjang SMP/MTS/SMPLB dan memperkuat hubungan antara SMA Negeri 1 Seulimeum dengan masyarakat sekitarnya.

“Semoga acara Pesona SMANSEL dan Bazar Projek P5 Tahun 2023 dapat berjalan dengan lancar hingga akhir kegiatan dan memberikan manfaat yang besar bagi peserta didik, sekolah dan masyarakat sekitar. Selamat berpartisipasi,” katanya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas, Syarwan Jhoni; Kadisdik Aceh Besar yang diwakili oleh Kepala Bidang Bina Program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar; Camat Seulimeum.

Kemudian; Koramil Seulimeum; Kapolsek Seulimeum; Ketua MKPS SMA Aceh Besar; Ketua MKKS SMA Aceh Besar; Komite Sekolah; serta keluaraga besar SMAN 1 Seulimeum.

Shares: