Syariat Islam

SMPN 3 Al-Fauzul Kabir Kota Jantho ikut serta wujudkan program pemerintah satu gampong satu hafidz Alquran

SMPN 3 Al-Fauzul Kabir Kota Jantho ikut serta wujudkan program pemerintah satu gampong satu hafidz Alquran

POPULARITAS.COM – Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, Rabu( 15/5/2024) buka secara resmi kegiatan tasyakur tahfidz angkatan III SMPN 3 Al Fauzul Kabir Kota Jantho. Acara tersebut dilangsungkan di halaman sekolah tersebut.

Saat memberikan sambutan, Muhammad Iswanto sampaikan pujiannya kepada pimpinan SMPN 3 Al Fauzul Kabir, sebab telah secara nyata ikut membantu dan menyukseskan program satu gampong satu hafidz sesuai dengan Qanun Kabupaten Aceh Besar Nomor 3 tahun 2022.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Aceh Besar, saya sampaikan terima kasih kepada pihak sekolah, telah ikut wujudkan program satu gampong satu hafidz Alquran,” katanya.

Ia menjelaskan, Program yang lahir dari penjabaran RPJM Pemerintah ini, untuk menjawab persoalan karakter, peningkatan pendidikan agama dan melahirkan Hafidz sebagai imam masa depan. “Dengan harapan bisa menjadi solusi dalam penegakan syariat Islam di tingkat gampong,” jelas Iswanto.

Kemudian, Kehadiran generasi muda Islami sudah menjadi keharusan di era kemajuan seperti saat ini. Apalagi, tantangan zaman semakin kompleks dan beragam dengan berbagai ancaman, seperti penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas hingga krisis moral keimanan. “Jadi, program hafidz ini merupakan hal yang sangat penting dan harus kita dukung bersama-sama untuk menyelamatkan masa depan para generasi muda di Aceh Besar,” ujarnya.

Disamping itu, Muhammad Iswanto meminta kepada lulusan supaya bisa menjadi generasi yang menjaga dan penghafal Al-Qur’an secara lisan serta teladan dalam masyarakat. 

“Maka, setelah keluar dari sini, para santri harus mampu mempertahankan dan bisa menyelesaikan hafalan 30 juz, dimanapun kalian melanjutkan pendidikan nantinya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 3 Al Fauzul Kabir, Sabri menambahkan, tasyakur yang dilangsungkan pihaknya, sebagai bentuk syukur atas keberhasilan para santri jalankan pendidikan selama tiga tahun dan berhasil menjadi hafidz.

“Alhamdulillah, kegiatan tasyakur ini bisa kita jalankan dan selenggarakan dengan baik,” katanya.

Untuk diketahui bersama, jumlah keseluruhan siswa di SMPN 3 Al-Fauzul Kabir sebanyak 219 siswa dan yang berhasil menyelesaikan pendidikan tahfidz pada tahun 2024 berjumlah 71 orang.  “Dari jumlah tersebut, ada satu siswa yang berhasil menghafal Al-Qur’an 20 Juz atas nama T. Samsuar berasal dari Kecamatan Peukan Bada dan diikuti oleh beberapa siswa lain dengan hafalan 15 sampai 16 Juz,” pungkasnya.

Shares: