NewsTeknologi

Soal Pria Bugil di Maps, Google Diminta Jangan Hanya Mengandalkan Mesin

BANDA ACEH (popularitas.com) – Direktur Eksekutif Masyarakat Informasi Teknologi (MIT) Aceh, Teuku Farhan mempertanyakan tim verifikasi google yang tidak bisa mendeteksi, adanya kesalahan yang terjadi di aplikasi navigasi Google Maps, yang memuat foto pria bugil di gambar pencarian dengan kata kunci Banda Aceh.

Menurutnya, Google menerapkan sistem partisipasi pengguna dengan menu kirim masukan. Namun, hal yang berbau sara tetap masuk dan lolos ke publik.

“Yang disayangkan kenapa bisa lolos ke publik, apakah tidak ada tim verifikasi dari google? Seharusnya sebagai perusahaan profesional dan bertaraf dunia sudah selayaknya memiliki tim verifikasi,” kata T Farhan saat dikonfirmasi, Senin, 4 November 2019.

Sebagai referensi awal bagi pengguna internet, kata Farhan, jangan sampai Google turut menjadi sumber penyebaran hoaks dan rasisme. Kemudian, Google tidak bisa menyerahkan seluruhnya kepada pengguna untuk mempreteli bahan yang hendak dimasukkan ke dalam aplikasi.

Apalagi, lanjut Farhan, Googgle hanya mengandalkan mesin untuk verifikasi. “Manusia memiliki rasa, kebijaksanaan. Hal ini yang tidak pernah dimiliki oleh mesin. Google jangan hanya mengandalkan mesin,” ujar Farhan.

Google juga harus memberikan reward kepada masyarakat yang melaporkan kelemahan sistemnya, bukan hanya memberikan reward bagi penemu celah yang tidak aman dalam sistem (bug/Vulnerability Reward).

Diketahui sebelumnya, warga Aceh dihebohkan dengan gambar pria tanpa busana, yang ada di aplikasi navigasi Google Maps.

Gambar tersebut terpampang seorang pria dengan menggunakan tongkat narsis (tongsis) dan menulis di tangannya soal penolakan syariat Islam.

Dilihat dari geoogle maps, pria berkacamata dan menggunakan topi berwarna abu-abu itu, menunjukkan tulisan di tangan kirinya yang bertuliskan ‘Protest Syariah Law’.

Gambar ini muncul di sisi kiri layar saat di search kata kunci kunci Banda Aceh di Google Maps. Gambar tersebut akan muncul berbentuk 360 derajat. Dan terpampang jelas pria tanpa busana. (DRA)

Shares: