NewsSepakbola

STY kantongi kekurangan tim usai lawan klub Turki

Shin: Timnas U-20 harus perkuat "pressing" saat hilang bola STY: Pemain timnas U-20 suka diam saat kehilangan bola
STY kantongi kekurangan tim usai lawan klub Turki
Gelandang tim nasional U-20 Indonesia Marselino Ferdinan (tengah) menggiring bola di antara pemain klub Cakallikli Spor pad laga persahabatan di Antalya, Turki, Senin (24/10/2022). (ANTARA/HO-PSSI)

POPULARITAS.COM – Pelatih tim nasional U-20 Indonesia Shin Tae-yong mengatakan, skuadnya harus memperkuat pengawalan atau pressing kepada lawan saat kehilangan bola dalam pertandingan.

“Kelemahan saat ini, kalau kehilangan bola mereka suka berdiri diam. Seharusnya pemain kami pressing biar lawan tidak dapat peluang yang baik atau serangan balik,” ujar Shin, dikutip dari laman PSSI, Rabu (26/10/2022).

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, kekurangan tersebut terlihat ketika anak-anak asuhnya menang dengan skor 2-1 atas klub lokal Cakallikli Spor pada laga uji coba di Antalya, Turki, Senin (24/10/2022).

Meski mampu menaklukkan lawan, Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan dinilai belum mampu merebut bola dengan cepat.

Hal itu membuat lawan lebih leluasa membangun serangan ke pertahanan Indonesia.

“Itu pelan-pelan harus diperbaiki, termasuk kelemahan-kelemahan yang lain,” tutur Shin.

Namun, secara keseluruhan, Shin menilai timnya sudah berlaga dengan baik. Kondisi fisik pemain sudah membaik dan mereka dinilai semakin mantap dari sisi kemampuan dasar.

Mental timnas U-20 juga tak goyah meski Cakallikli Spor diperkuat pemain-pemain yang usianya lebih tua.

“Memang bisa saja dibilang tim lawan itu lemah, tetapi tetap mereka merupakan tim senior. Jadi, secara keseluruhan, pertandingan itu berjalan dengan lumayan baik,” kata Shin.

Adapun dua gol Indonesia saat mengalahkan Cakallikli Spor dicetak oleh Ginanjar Wahyu pada menit ke-17 dan Ricky Pratama menit ke-85. Lawan baru bisa memperkecil kedudukan pada menit ke-90.

Pertandingan persahabatan itu digelar di sela pemusatan latihan (TC) timnas U-20 di Turki.

Timnas U-20 diagendakan berlatih dan beruji coba di Turki serta Spanyol selama dua bulan sebagai persiapan menuju Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023.

TC di Turki akan digelar sampai 4 November 2022. Setelah itu, TC dilanjutkan di Spanyol hingga 4 Desember 2022.

Piala Asia U-20 2023 akan digelar pada 1-18 Maret tahun depan di Uzbekistan. Adapun Piala Dunia U-20 2023 berlangsung pada 20 Mei-11 Juni tahun depan di Indonesia. (ant)

Shares: