News

Tekad kiper Prancis jaga rekor nirbobol di Piala Dunia U-17 2023

Kiper Prancis Paul Argney. dok. LOC WCU17

POPULARITAS.COM – Sejak awal pertandingan di Grup E hingga babak perempat final Piala Dunia U-17 2023, gawang Prancis U-17 belum pernah kebobolan. Catatan pertahanan sempurna yang diukir Timnas Prancis U-17 sepanjang Piala Dunia U-17 2023 tak bisa dilepaskan dari kiprah sang kiper, Paul Argney. Kiper berusia 17 tahun ini sukses mengukir rekor mentereng di kejuaraan ini.

Dari lima laga yang dihadapi The Little Blues, kiper berusia 17 ini bermain empat kali. Adapun satu laga lainnya dipercayakan kepada Mathys Niflore. Salah satu aksinya yang paling penting tersaji pada fase 16 besar. Setelah berhasil menjaga gawangnya tetap bersih dari kebobolan, kiper asal klub Le Havre B itu membantu Prancis memenangi adu penalti melawan Senegal.

Catatan empat nirbobol ini menjadi bekal penting bagi pemain kelahiran Granville, Prancis untuk menatap laga krusial melawan Mali di semifinal. Sebab, tim lawan punya banyak pemain produktif yang berpotensi mengancam gawangnya.

“Rasanya tentu luar biasa bisa menjaga gawang ini tetap bersih dari kebobolan di kejuaraan level paling tinggi seperti Piala Dunia U-17 2023. Ini juga bisa diraih karena kerja keras semua pemain. Saya berharap bisa melanjutkan catatan positif ini. Semoga saya bisa kembali membantu tim dan berusaha tetap mengukir clean sheet,” kata Argney.

Kiper kelahiran 23 Mei 2006 itu menuturkan bila dirinya banyak belajar dari sejumlah kiper terbaik. Di antaranya kiper Bayern Munchen Manuel Neuer dan AC Milan Mike Maignan yang menjadi sumber inspirasinya.

“Di Prancis, salah satu penjaga gawang yang menjadi inspirator saya ialah Mike Maignan. Dia saat ini menjadi kiper utama Timnas Prancis di level senior. Saya melihat banyak aksi-aksinya di atas lapangan. Selain itu, saya juga sangat kagum dengan kemampuan memainkan bola dari Ederson. Tentu saja Manuel Neuer. Dia adalah kiper yang sangat komplet,” ujar kiper yang mengantarkan Prancis ke final Euro U-17 2023 itu.

Catatan nirbobol yang diukir Argney sudah bermula sejak dua pertandingan Grup E, yakni saat menang atas Burkina Faso (3-0) dan Amerika Serikat (3-0). Setelah itu, Argney kembali mengukir dua cleansheet saat menghadapi Senegal (0-0) di babak 16 besar dan menumbangkan Uzbekistan (1-0) di fase perempat final.

Prancis akan menghadapi tim kejutan Mali pada babak semifinal yang akan di gelar di Stadion Manahan Solo pada Selasa, 28 November 2023.

Jadwal Semi Final Piala Dunia FIFA U-17:

Lokasi: Stadion Manahan Solo

Waktu: Selasa, 28 November 2023

Argentina vs Jerman (15:30 WIB)
Prancis vs Mali (19.30 WIB)

Shares: