News

Telkom Indonesia bantu sumur suntik untuk pertanian di Pulo Aceh

General Manajer Witel Aceh Telkom Regional II, T Fauzan meninjau lokasi Sumur Suntik bersama jajaran Forkopimcam Pulo Aceh, Selasa (16/1/2024). FOTO/MC ACEH BESAR

POPULARITAS.COM – Telkom Indonesia bantu 20 unit sumur suntik air bersih pada 4 titik untuk pertanian di Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar.

Bantuan tersebut diserah langsung oleh pihak Telkom Indonesia kepada Kelompok tani Gampong Alue Riyeung dan Gampong Rabo, Pulo Aceh dengan total luas lahan persawahan 148 hektare, Selasa (16/1/2024) lalu.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto menyampaikan apresiasi atas dukungan BUMN Telkom Indonesia yang telah ikut andil melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan itu.

“Kita mengapresiasi BUMN Telkom Indonesia yang telah ikut andil melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan berupa 20 unit sumur suntik air bersih pada 4 titik untuk Pertanian di Pulo Aceh, yang diserahkan secara resmi, Selasa (16/1/2024) lalu,” kata Iswanto di Kota Jantho, Kamis (18/1/2024).

Ia juga mengatakan, elnino telah mempengaruhi beberapa kawasan Pertanian di Kabupaten Aceh Besar seperti Seulimeum dan Kuta Cot Glie, sehingga juga perlu dilakukan langkah-langkah pengendalian untuk meminimalisir dampak.

“Cuaca ekstrem tidak dapat dielakkan, hanya penting bagi kita untuk melakukan langkah-langkah pengendalian sebagai upaya meminimalisir dampak, khususnya di lahan pertanian yang mengalami keterlambatan masa tanam,” harapnya.

Pj Bupati mengharapkan semua pihak dapat mendukung untuk mewujudkan ketahanan pangan, dengan menjaga serta meningkatkan produktivitas areal pertanian.

“Artinya semua pihak harus ikut berkontribusi sesuai dengan kapasitas dan kewenangannya, supaya dapat mewujudkan ketahanan pangan dengan menjaga serta meningkatkan produksi usaha pertanian,” ujarnya.

Koordinator BPP Pulo Aceh, Afriadi berharap kontribusi dari Telkom Indonesia ini bisa memberi manfaat sebesar besarnya kepada petani Pulo Aceh

“Harapan kami selaku petugas lapangan pertanian , kontribusi dari Telkom Indonesia ini bisa memberi manfaat sebesar besarnya kepada petani Pulo Aceh, Aceh Besar baik dalam musim tanam MT gadu dan rendengan serta untuk kebutuhan air bersih masyarakat setempat,” katanya.

Program yang dikenal dengan CSR ini dapat menambah manfaat yang dapat dirasakan petani untuk mengairi lahan sawahnya.

Hal tersebut dikarenakan usaha tani padi di Kecamatan Pulo Aceh masih pada areal tadah hujan yang masih bergantung pada air hujan, karena belum didukung areal beririgasi.

Shares: