NewsPemilu 2024

Gibran mengaku tak urus SKCK untuk jadi Cawapres

Watubun : Gibran bukan lagi kader PDI Perjuangan
Gibran Rakabuming Raka. (B Universe Photo/Joanito De Saojoao)

POPULARITAS.COM – Gibran Rakabuming Raka, mengaku dirinya hingga kini tak mengurus surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), ataupun surat keterangan tidak pernah di pidana dari Pengadilan.

Dalam keterangannya di Solo, Rabu (18/10/2023), Walikota Solo itu mengaku dirinya memang tak mengurus kedua surat untuk keperluan daftar Pilpres itu.

“Aku enggak ngurus (SKCK dan surat keterangan tidak pernah dipidana). Kalau saya ngurus pasti konangan (ketahuan). Kan ke pengadilan negeri sama kepolisian, pasti ketahuan dong ya,” katanya dikutip dari beritasatu.com-jaringan popularitas.com 

Ditanya apakah hal itu menandakan dirinya batal menjadi cawapres mendampingi Prabowo Subianto, putra sulung Presiden Jokowi itu menegaskan selama ini tidak pernah menawarkan diri menjadi cawapres siapa pun. Gibran pun meminta awak media untuk bertanya kepada mereka yang sudah mengurus SKCK dan surat keterangan tidak pernah dipidana.

“Sekali lagi saya tidak pernah menawarkan diri ya (jadi cawapres). Orang lain yang ngejar-ngejar nggih. Saya juga tidak ada planning apa-apa (Pemilu 2024), ngalir aja. Aku santai kok,” ucapnya.

Diketahui, terdapat sejumlah syarat atau dokumen yang harus dibawa oleh bakal capres dan cawapres untuk mendaftar di KPU. Beberapa di antaranya, SKCK, surat keterangan tidak pernah dipidana, surat keterangan tidak sedang dalam pailit atau tidak sedang dalam tanggungan utang, surat pencalonan yang ditandatangani pimpinan parpol atau gabungan parpol peserta pemilu, dan lainnya.

Menteri BUMN, Erick Thohir yang juga digadang menjadi bakal cawapres Prabowo diketahui telah mengurus SKCK. Ditanya mengenai hal ini, Gibran mengatakan hal tersebut seharusnya ditanyakan kepada Erick Thohir. Gibran mengaku sudah mengtahui Erick Thohir mengurus SKCK sejak siang hari.

“(Erick Thohir cawapres Prabowo) Ya itu, yang bikin SKCK. Aku kan enggak. Tahu sejak siang tadi. Sekarang tolong yang diwawancarai yang bikin SKCK saja ya,” kata dia.

Editor : Hendro Saky

Shares: