News

Tersisa 14 KK, Pemkab Aceh Tamiang Setop ADD di Desa Perkebunan Alur Jambu

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMKPPKB) Aceh Tamiang, Mix Donal. (popularitas/Yusri)

POPULARITAS.COM – Minimnya penduduk dan hanya tersisa sebanyak 14 Kepala Keluarga (KK), sehingga Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang terpaksa menghentikan penyaluran Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2020, untuk Kampung Perkebunan Alur Jambu, Kecamatan Bandar Pusaka.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMKPPKB) Aceh Tamiang, Mix Donal terkait persoalan tersebut pada Jum’at (28/8) membenarkan, pihaknya telah menyetop realisasi uang desa, untuk Kampung Perkebunan Alur Jambu.

“Langkah ini diambil karena tidak memenuhi syarat, karena kampung ini hanya tersisa penduduknya sebanyak  14 KK,” ujarnya.

Menurutnya, dari jumlah 14 KK tersebut hanya dua KK yang berdomisili di Kampung, sementara sisanya berada diluar kampung dan warga hanya ber KTP Kampung Perkebunan Alur Jambu.

“ Adapun ADD kampung ini pertahunnya berkisaran Rp 800 juta dan jumlah dana tersebut hampir sama dengan kampung lain dalam wilayah Aceh Tamiang yang jumlah penduduknya banyak,” kata Mix Donal.

Selain itu, Kampung Perkebunan Alur Jambu juga berada dalam Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan perkebunan, dasar ini juga penyaluran ADD nya dihentikan agar tidak menjadi permasalahan kedepannya.

“Dari 213 kampung yang ada dalam wilayah Kabupaten Aceh Tamiang, terdapat 17 kampung berada di wilayah HGU perusahaan perkebunan serta jumlah penduduknya lebih banyak dari Kampung Perkebunan Alur Jambu,” terang Mix Donal.

Bagi kampung yang berada dalam areal HGU perusahaan perkebunan, Mix Donal mengutarakan bahwa pihaknya sedang melakukan evaluasi dan mencari solusi terbaik dalam pengelolaan ADD, agar bisa terlaksana sesuai ketentuan dan perundangan berlaku.

Mix Donal merincikan dari 17 kampung dalam areal HGU tersebut yaitu, Kampung Bukit Panyang Sa, Kecamatan Manyak Payed, dua kampung dalam Kecamatan Bendahara yakni Kampung Perkebunan Sungai Iyu dan Kampung Perkebunan Upah.

Kemudian, lima kampung dalam Kecamatan Karang Baru masing – masing Kampung Bukit Keranji, Kebun Afdeling Seleleh, Kebun Tanah Terban dan Kebun Tanjong Sementok, dua kampung dalam Kecamatan Seruway yaitu Kampung Perkebunan Gedung Biara dan Perkebunan Seruway.

Mix Donal menyebutkan lagi, kemudian dua kampung dalam wilayah Kecamatan Kejuruan Muda yakni Kampung Kebun Sungai Liput dan Kebun Simpang Kanan, Kampung Pulau Tiga Kecamatan Tamiang Hulu, Kampung Perkebunan Alur Jambu, Kecamatan Bandar Pusaka, dua kampung dalam Kecamatan Rantau yaitu Kampung Kebun Rantau dan Kampung Pertamina serta Kampung Kebun Batang Ara, Kecamatan Sekerak.

Editor: dani

Reporter: Yusri

Shares: