Teknologi

Tiga inovasi tim FT USK Banda Aceh, terpilih TOP 38 social project innovillage 2023

Tiga inovasi tim FT USK Banda Aceh, terpilih TOP 38 social project innovillage 2023
Para mahasiswa dan inovasi yang diikutsertakan pada kompetisi Innovillage 2023. FOTO : FT USK Banda Aceh

POPULARITAS.COM – Tiga tim mahasiswa FT USK Banda Aceh, terpilih TOP 38 sosical project innovillage 2023. Tiga inovasi tersebut adalah, myFeeder : Pelontar pakan tenaga surya pada tembak udang berbasis Internet of Thing (IoT), inovasi platform pemasaran dan pengembangan produk berbasis daur ulang di Kota Banda Aceh guna mendukung ekonomi sirkular, dan inovasi KORAN (Kompor berbasis sampah organik ramah lingkungan).

myFeeder : Pelontar pakan tenaga surya pada tambak udang berbasi IoT, digagas oleh Mu’adz Zamanhuri, Ariq Alghifary, dan Muhammad Fauzan. Ketiganya merupakan mahasiswa Program Studi Teknik Elektro FT USK Banda Aceh. Inovasi tersebut dibimbing oleh Aulia Rahman pengajar di Prodi serupa ketiga mahasiswa tersebut.

Sementara itu, kompor berbasi sampah organik ramah lingkungan, digagas oleh Nabila Maharani, Ihsan Perdana Putra, dan Nauma Laila. Ketiganya dibawah pengasuhan Zahrul Fuadi dosen pada program studi perencanaan wilayah kota (PWK).

Kemudian, invoasi ketiga adalah, Platform Pemasaran dan Pengembangan Produk berbasis Daur Ulang di Kota Banda Aceh guna Mendukung Ekonomi Sirkular, yang diajukan oleh Hidayatullah, mahasiswa Program Studi Teknik Kimia USK Banda Aceh, dibawah dosen pembimbing Farid Maulana.

Innovillage adalah sebuah kompetisi sociopreneurship di bidang teknologi digital yang merupakan program sinergi PT  Telkom Indonesia dan Telkom University, melalui program ini, mahasiswa ditantang untuk memberikan solusi bagi masyarakat desa melalui inovasi-inovasi digital yang aplikatif sehingga tercipta peningkatan kemanfaatan sosial dan peningkatan ekonomi. TOP 38 Social Project Innovillage tahun 2023 diumumkan pada 7 Maret 2024 oleh Telkom University, Bandung.

Program ini memberikan pendanaan lebih dari 3,75 Milyar rupiah untuk 100 desa di seluruh Indonesia. Pada tahun 2023  hampir 800 usulan proposal yang diajukan, terdiri dari 101 Perguruan tinggi dari seluruh Indonesia, 2.385 Mahasiswa, dan 446 Dosen Pembimbing. Dari hamper 800 usulan tersebut ditetapkan Top 163 proposal yang mendapatkan pendanaan, dimana ada 8 perwakilan dari Universitas Syiah Kuala dan untuk TOP 38 Social Project Innovillage tahun 2023 hanya terpilih 3 tim Fakulutas Teknik Universitas Syiah Kuala mewakili Propinsi Aceh.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan Prof Mustanir, dalam keterangannya, Jumat (15/3/2024) mengatakan, pihaknyamerasa sangat bangga atas pencapaian prestasi oleh mahasiswa-mahasiswa USK pada kegiatan Innovillage ini.

Dirinya berharap inovasi-inovasi dari mahasiswa-mahasiswa USK mampu memberikan solusi kepada masalah di dunia dan Indonesia pada khususnya “Harapannya inovasi-inovasi ini tidak berhenti disini dan bisa terus dikembangkan hingga akhirnya bisa diterapkan diseluruh dunia,” ucapnya.

Shares: