Tiga rumah di Aceh Timur rusak ditimpa pohon

POPULARITAS.COM – Tiga rumah warga di dua kecamatan di Kabupaten Aceh Timur mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon kelapa yang tumbang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur, Ashadi, Kamis (20/10/2022), mengatakan bencana tersebut menyebabkan enam warga dalam satu rumah terpaksa mengungsi.

“Mereka mengungsi ke rumah orang tuanya, karena rumahnya mengalami rusak berat setelah tumbang pohon kelapa akibat angin kencang dan hujan lebat yang terjadi Rabu (19/10) 17.30 WIB,” kata Ashadi.

Dia mengatakan rumah ditimpa pohon yang membuat penghuninya mengungsi terjadi di Desa Teupin Breuh, Kecamatan Simpang Ulim. Sementara, satu rumah lagi juga di Desa Teupin Breuh, namun penghuninya tidak mengungsi karena rumahnya hanya mengalami rusak sedang.

Begitu juga di Desa Seunebok Aceh, Kecamatan Darul Aman, rumah ditimpa pohon tersebut diketahui milik Wildatul Jannah (18) merupakan anak yatim piatu.

“Meskipun tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah. Mendapat informasi adanya rumah yang rusak, Satgas BPBD turun ke lokasi melakukan pembersihan,” kata Ashadi.

Ashadi mengatakan hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang masih berpotensi melanda sejumlah kecamatan di wilayahnya. Oleh sebabnya diharapkan masyarakat tetap berhati-hati dan waspada, terutama yang mendiami sepanjang aliran sungai.

“Sungai sewaktu-waktu bisa meluap, sehingga perlu kewaspadaan. Begitu masyarakat di pesisir pantai, juga perlu memperhatikan pasang surut,” ujar Ashadi seraya meminta kepala desa mengonfirmasi jika terjadi bencana alam. (ant)

Comments
Loading...