News

Truk terjun ke jurang di Seulawah, sopir meninggal dunia

Truk terjun ke jurang di Seulawah, sopir meninggal dunia
Basarnas Banda Aceh mengevakuasi korban kecelakaan truk di Seulawah, Aceh Besar, Jumat (29/7/2022). Foto: Dok. Basarnas Banda Aceh

POPULARITAS.COM – Truk Fuso bermuatan barang pecah belah dan elektronik terjun ke dalam jurang di kawasan turunan Seunapet Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, Jumat (29/7/2022).

Dalam musibah ini, sopir truk atas nama Agus Ujar Setiawan (48), warga Aceh Utara meninggal dunia. Sementara kernet, M. Fikri (26), warga Sumatera Utara selamat dan telah dievakuasi ke Puskesmas Saree.

“Korban telah dievakuasi ke Puskesmas Saree oleh tim SAR, dibantu pihak kepolisian, TNI, BPBD dan masyarakat,” kata Kepala Basarnas Banda Aceh, Ibnu Harris Al Hussain, Jumat (29/7/2022).

Ibnu Harris mengatakan, kecelakaan tersebut terjadi sekira pukul 08.55 WIB. Truk yang melaju dari arah Medan menuju Banda Aceh itu diduga mengalami rem blong, sehingga terjun ke jurang di turunan Seunapet.

Kecelakaan tersebut, kata Ibnu Harris, menyebabkan sopir dan kernet terjepit di bagian depan truk. Informasi ini kemudian disampaikan ke Basarnas Banda Aceh.

Dari laporan tersebut, sekira pukul 10.10 WIB, Tim Rescue Basarnas Banda Aceh bergerak ke lokasi untuk melakukan evakuasi terhadap korban, tim tiba di lokasi pukul 11.30 WIB dan langsung melakukan assesment di lokasi kejadian.

Dari hasil assesment tesebut tim memutuskan menggunakan peralatan ekstrikasi dan dibantu mobil crane untuk membuka akses evakuasi korban.

“Prioritas pertama tim mengevakuasi kondektur truk, karena diyakini kondektur tersebut masih dalam kondisi hidup,” jelas Ibnu Harris.

Setelah melakukan pemotongan beberapa bagian truk, kata Ibnu Harris, pada pukul 13.30 WIB korban pertama atas nama M. Fikri (26) berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dan dibawa menuju Puskesmas Saree.

“Selanjutnya tim melakukan evakuasi terhadap supir truk, Agus Ujar Setiawan. Korban dievakuasi pada pukul 14.10 WIB dalam kondisi meninggal dunia dan dibawa menuju Puskesmas Saree,” ucapnya.

 

Shares: