KesehatanNews

Tujuh daerah di Aceh capai target vaskinasi 70 persen

Juru Bicara Satgas Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani menerangkan, hingga dua hari jelang pergantian tahun, sebanyak tujuh daerah sudah mencapai target vaksinasi 70 persen. Sementara satu daerah, yakni Banda Aceh justru sudah melebihi 100 persen.
Tujuh daerah di Aceh capai target vaskinasi 70 persen
Kadis ESDM Aceh, Mahdi Nur, bersama Karo Humpro Setda Aceh, Muhammad Iswanto saat meninjau vaksinasi Covid-19 bagi pegawai SPBU, di Gedung Banda Aceh Convention Hall (BACH), Senin (6/9/2021).

POPULARITAS.COM – Juru Bicara Satgas Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani menerangkan, hingga dua hari jelang pergantian tahun, sebanyak tujuh daerah sudah mencapai target vaksinasi 70 persen. Sementara satu daerah, yakni Banda Aceh justru sudah melebihi 100 persen.

Hal tersebut dikatakan SAG karib Saifullah Abdulgani disapa, dalam keterangan tertulisnya yang diterima popularitas.com, Kamis (30/12/2021), di Banda Aceh.

Dari tujuh daerah itu, jelas SAG lagi, masing-masing yakni, Banda Aceh, Pidie Jaya, Kota Lhokseumawe, Bener Meriah, Kota Langsa, Gayo Lues, Aceh Barat Daya, dan Kabupaten Simuelue.

Meski cakupan vaksinasi tujuh kabupaten/kota itu sudah di atas target, dan bahkan Kota Banda Aceh mencapai 100 persen lebih, namun cakupan rerata Aceh masih sekitar 61,9 persen untuk dosis I dan 28,6 persen vaksinasi dosis II. 

Rendahnya cakupan vaksinasi sejumlah kabupaten/kota menekan angka rerata cakupan vaksinasi seluruh Aceh. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sasaran vaksinasi Covid-19 di Aceh mencapai 4.028.891 orang. Vaksinasi dosis I sudah diberikan kepada 2.492.015 orang, dan dosis II sudah tuntas dilakukan oleh 1.154.060 orang. Sedangkan tenaga kesehatan yang sudah melengkapinya dengan dosis III sebanyak 36.820 orang di Aceh. 

Kabupaten/kota yang cakupan vaksinasinya masih di bawah capaian rerata Aceh  meliputi Aceh Utara, Aceh Barat, Aceh Selatan, Pidie, Bireuen, Aceh Besar, dan Nagan Raya. Angka cakupan vaksinasi tujuh daerah itu antara 43,6 persen hingga 61,9 persen. Capaian paling rendah tercatat di Aceh Utara, dengan target sasaran vaksinasi 458.608 penduduknya. 

“Semoga ada kenaikan cakupan vaksinasi secara signifikan dalam dua hari terakhir di kabupaten/kota yang padat penduduknya, sehingga dapat mendorong angka cakupan vaksinasi Aceh dalam catatan akhir tahun ini,” harap SAG.  

Editor : Hendro Saky

Shares: