News

Tujuh desa di Aceh Barat terendam banjir setinggi 50 sentimeter

Tujuh desa di Aceh Barat terendam banjir setinggi 50 sentimeter
Warga melintasi genangan banjir di Desa Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Sabtu (1/7/2023). ANTARA/HO-Dok BPBD Aceh Barat

POPULARITAS.COM – Akibat hujan desar yang mengguyur Aceh Barat beberapa hari terakhir, saat ini sejumlah desa di daerah itu terendam banjir dengan ketinggian 20 hingga 50 sentimeter.

Kordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Mashuri, dalam keterangannya kepada Antara, Minggu (2/7/2023), banjir yang merendam sejumlah daerah itu, akibat dari hujan deras yang terjadi sejak 30 Juni 2023.

Saat ini, sebutnya, terdapat tujuh desa di tiga kecamatan yang terendam air dengan ketinggian antara 20-50 sentimeter, seperti, Desa Pasi Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan, Desa Pasi Masjid dan Ranto Panyang Barat, Kecamatan Meureubo.

Kemudian, banjir juga merendam empat desa lainnya di Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat yakni Desa Alue Tampak, Meunasah Buloh, Padang Mancang, serta Gampong Masjid.

Banjir tersebut terjadi sejak Sabtu (1/7/2023), ujarnya. Namun dari laporan yang dikumpulkan pihaknya, belum ada warga yang mengungsi akibat luapan air tersebut.

“Hingga saat ini air belum surut, kami masih berupaya mengerahkan personel ke lokasi untuk melakukan pemantauan dan membantu masyarakat,” kata Mashuri.

Editor : Hendro Saky

Shares: