Headline

UNBK SMA/MA se-Aceh Diikuti 57.947 Siswa

Kadisdik Aceh, Syaridin mendampingi Plt Gubernur Aceh. (IST)

BANDA ACEH (popularitas.com) – Sebanyak 57.947 siswa SMA dan Madrasah Aliyah (MA) yang tersebar di 758 Satuan Pendidikan di Aceh, mulai Senin 1 Maret 2019 siap untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, S.Pd, M.Pd, Minggu 31Maret 2019, kepada wartawan di Banda Aceh. Dikatakan, pelaksanaan UNBK SMA dan MA akan berlangsung pada 1, 2, 4 dan 8 April 2019, dipastikan sudah dilakukan berbagai persiapan dan siap untuk dilaksanakan.

Untuk suksesnya pelaksaan dan sukses hasil pada Ujian Nasional (UN), Dinas Pendidikan Aceh juga sudah melakukan koordinasi dengan isntansi terkait seperti unsur Kepolisian, Telkom, PLN serta Dinas Komunikasi, Informatika dan persandian Aceh (Diskominsa).

“Untuk pelaksanaan UNBK SMA dan MA sudah siap digelar 100 persen. Hal ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak di Aceh, termasuk instansi terkait,” ujar Kadisdik Aceh.

Menurutnya, para instansi terkait di Aceh seperti PLN maupun Telkom siap memberikan pelayanan maksimal untuk suksesnya pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Sehingga peserta didik yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Aceh dapat berjalan dengan lancar,” katanya.

Kadisdik menilai, ada beberapa hal yang harus sukses pelaksanaan UNBK Tahun 2019 yaitu, sukses pelaksanaannya yang meliputi terlaksananya UN dengan baik dan kredibilitasnya meningkat, sukses hasilnya.

“Dimana perolehan nilai harus mencapai standar yang diharapkan,” katanya lagi.

Ia menambahkan, pentingnya motivasi orang tua kepada anaknya yang sedang mengikuti UNBK dan dapat memberikan ketenangan hati agar anaknya bisa fokus 100 persen mengikuti UNBK, begitu juga kepada anak yang ikut UNBK, tenangkan diri dan jangan gegabah dalam menjawab soal UNBK yang ada di depan komputer.

“Selain itu juga siswa dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menjawab soal dan jangan terburu-buru. Sebelum ke luar dari ruang UNBK, periksa kembali nama dan nomor ujian, apa sudah ditulis dengan benar atau belum, selanjutnya jawaban yang dijawab, apakah sudah tepat atau belum,” tambahnya.

Kepala Bidang SMA dan PKLK Dinas Pendidikan Aceh yang juga sebagai Ketua UN Aceh, Zulkifli, S.Pd, M.Pd mengatakan, kesuksesan pelaksanaan UNBK tahun ini, sangat dipengeruhi pertama suplai listrik dari PLN dan internet dari Telkom/Telkomsel.

Selanjutnya pengawasan dari pihak orang tua, aparat keamanan dan sekolah.

Ia menyebutkan, mata pelajaran yang di UN-kan yang berbasis komputer meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Mata Uji Pilihan (Sesuai Jurusan). [SKY]

Shares: