News

UNHCR: 664 imigran Rohingya masuk Aceh sepanjang 2022

UNHCR: 664 imigran Rohingya masuk Aceh sepanjang 2022
Ilustrasi, brimob bersenjata berjaga-jaga di lokasi terdamparnya etnis Rohingya di Kuala Gigieng, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Minggu (8/1/2023) siang. Foto: Muhammad Fadhil/popularitas.com

POPULARITAS.COM – Lembaga PBB untuk pengungsian United Nations Hight Commissioner for Refugees (UNHCR) mencatat sebanyak 665 imigran Rohingya masuk ke Provinsi Aceh sepanjang 2022.

Kepala Perwakilan UNHCR Indonesia Ann Maymann mengatakan ratusan pengungsi tersebut mendarat di tiga lokasi berbeda di Aceh yakni Kota Lhokseumawe, Kabupaten Pidie, dan Kabupaten Aceh Besar.

“Dari 664 imigran Rohingya, sebanyak 167 orang di antaranya melarikan dari dari lokasi penampungan sementara di Kota Lhokseumawe,” kata Ann Maymann, dikutip dari laman Antara, Rabu (15/2/2023).

Ann Maymann mengatakan UNHCR memuji Pemerintah Indonesia, pemerintah daerah, dan masyarakat setempat di Provinsi Aceh atas kemurahan hati dan dukungan mereka kepada para imigran Rohingya.

Berpedoman pada Peraturan Presiden Nomor 125 tentang Penanganan Pengungsi, UNHCR bekerja bersama dan berkoordinasi dengan para pihak berwenang untuk memastikan para imigran tersebut memperoleh perlindungan dan kebutuhan dasar mereka.

“Bekerja sama dalam semangat berbagi tanggung jawab tersebut penting bagi semua pihak membantu para imigran tersebut. Kami siap mendukung pemerintah memberikan perlindungan kepada para imigran Rohinya, selama mereka tinggal di Indonesia ,” katanya.

Selain memenuhi kebutuhan dasar dan darurat, UNHCR juga melakukan registrasi seluruh imigran Rohingya dan memverifikasi status mereka, mengingat banyak dari mereka yang sebelumnya telah terdaftar sebagai pengungsi.

“Dari mereka juga banyak yang masuk kategori rentan. Kami memberikan pendampingan psikologis, pemberdayaan khususnya bagi penyintas kekerasan seksual berbasis gender dan perlindungan khusus bagi anak-anak, termasuk membentuk skema pengasuhan bagi anak-anak mereka,”katanya.

Di tingkat regional, kata Ann Maymann, UNHCR mencatat peningkatan enam kali lipat jumlah imigran Rohingya yang melakukan perjalanan laut dan tidak sah di kawasan Asia-Pasifik sepanjang 2022.

“Ini menandakan bahwa keputusasaan para imigran Rohingya yang tidak memiliki kewarganegaraan telah meningkat. Mereka terus menghadapi penganiayaan di Myanmar dan karenanya terpaksa mencari perlindungan di negara tetangga,” katanya.

Di Bangladesh, kata Ann Maymann, kehidupan mereka di kamp memprihatinkan dengan kesempatan yang terbatas untuk membangun masa depan.

Mereka yang mendarat di Indonesia, seringkali berusaha melanjutkan perjalanan ke Malaysia karena adanya keinginan yang besar untuk berkumpul kembali dengan anggota keluarga, setelah terpisah bertahun-tahun.

Seperti halnya dengan orang lain, para imigran Rohingya ingin mencari tempat di mana mereka dapat memiliki masa depan yang baik bersama orang yang mereka cintai, kata Ann Maymann.

“Kami terus mendesak negara-negara untuk memastikan penyelamatan dan pendaratan yang aman diberikan bagi kapal yang mengangkut imigran Rohingya tersebut,” katanya.

Shares: