Edukasi

USK imbau pelajar di Aceh pilih jurusan sesuai minat 

USK imbau pelajar di Aceh pilih jurusan sesuai minat 
Biro Rektorat Universitas Syiah Kuala. FOTO : Humas USK Banda Aceh

POPULARITAS.COM – Siswa di Aceh diimbau untuk memilih jurusan sesuai minat. Sebab, jika telah dinyatakan lulus pada program studi yang dipilih, maka tidak bisa lagi pindah jurusan atau masuk melalui jalur penerimaan lainnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Tim Sosialisasi Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh, Husni Friady dalam keterangannya, Kamis (29/2/2024).

Dia menjelaskan, para siswa yang telah dinyatakan lulus pada program studi yang dipilih, walau kemudian hal itu tidak diminati maka tidak bisa lagi untuk ikut seleksi lewat jalur penerimaan lainnya.

Sebagai contohnya, jelasnya, jika sudah lulus di jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP), maka siswa yang bersangkutan juga tidak dapat lagi mengikuti jalur seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT) dan jalur mandiri.

Menurut dia, dalam penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 terjadi perubahan, salah satunya terkait kelulusan siswa, sehingga pihaknya memaksimalkan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru di empat kabupaten/kota di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

“Setiap tahun selalu ada perubahan dalam proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri, sehingga kami bertekad untuk meningkatkan sosialisasi kepada siswa dan sekolah guna memberikan pemahaman dan informasi yang akurat,” katanya dikutip dari laman Antara.

Adapun empat kabupaten lokasi sosialisasi penerimaan mahasiswa baru di kampus “Jantong Hatee” Rakyat Aceh itu masing-masing Pidie, Pidie Jaya, Bener Meriah dan Aceh Tengah.

Ia menambahkan, bagi siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu tidak perlu khawatir untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi tersebut, karena mereka tetap bisa masuk Universitas Syiah Kuala dan akan mendapatkan beasiswa KIP-Kuliah.

Shares: